BAHASA DAN BUDAYA : CERITA PENGABDIAN MAHASISWA DI PRATHOM SUKSA (SEKOLAH DASAR) CHITPHAKDI WITTAYA KRONGPINANG SCHOOL, THAILAND
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47717Keywords:
Bahasa Inggris, Thailand, Media Pembelajaran, Praktik Mengajar, Permainan EdukatifAbstract
Bahasa Inggris merupakan keterampilan penting di era global sebagai alat komunikasi internasional dan sarana untuk mengakses informasi secara luas. Namun, penguasaan bahasa Inggris di Thailand, khususnya tingkat sekolah dasar (Prathom Suksa), masih menghadapi berbagai kendala, seperti terbatasnya guru yang kompeten dan metode pengajaran yang kurang aplikatif. Untuk menjawab tantangan tersebut, dilaksanakan program Praktik PTMA Yala yang melibatkan mahasiswa Indonesia dalam kegiatan mengajar secara langsung di sekolah-sekolah lokal. Penulis ditempatkan di Chitphakdi Wittaya Krongpinang School, Provinsi Yala, untuk mengajarkan bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar (Prathom Suksa). Dalam praktiknya, salah satu kendala yang dihadapi adalah perbedaan bahasa antara pengajar dan siswa. Sebagai solusi, digunakan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan melalui gambar, audio, video, dan permainan edukatif. Pendekatan ini terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan meningkatkan minat serta kemampuan siswa dalam bahasa Inggris.References
Boyle, G. (2023). Thailand ranked “very low” in English proficiencyNo Title. Bangkok Post. https://www.bangkokpost.com/learning/really-easy/2693068
Butar-Butar, L., Sitinjak, L. T. S., Aryani, N., Tindaon, C. A. A. Z., Napitupulu, F. M., Herman, H., Sinaga, Y. K., & Situmeang, S. A. (2023). Sosialisasi Solusi Terhadap Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris Untuk Menunjang Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.53
Kaharuddin, A. H. K. (2023). Penerapan Media Gambar terhadap pembelajaran Kosa Kata bahasa Inggris dasar pada siswa kelas V SD 268 Mallahae. 2(1), 7–12.
Mai, C., Kaen, K., Buri, C., Ratchathani, U., Rai, C., Pathom, N., Ratchasima, N., Thani, S., Thani, U., & Khan, P. K. (n.d.). Geographic scores (Issue 101).
Ramadhani, A. P., Murtopo, A., & Atika, N. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Kelas B TK Tenera Hijau Banyuasin. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 5566–5575.
Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Rochmawan, M. R. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Permainan untuk Anak Usia Dini: Studi Literatur. Sentra Cendekia, 4(2), 100–108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Uas Gna, Washlurachim Safitri, Ririn Putri Ananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




