PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KOGNITIF PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SEKOLAH SMK NEGRI 33 JAKARTA)

Authors

  • Lulu Ariani Universitas Islam Jakarta
  • Farhana Farhana Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47464

Keywords:

Media Sosial, Kognitif, Peserta Didik, SMKN 33 Jakarta

Abstract

Penggunaan media sosial yang tinggi di kalangan siswa, khususnya di SMK Negeri 33 Jakarta, menjadi perhatian penting karena dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap peserta didik. Media sosial saat ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan. Melalui media sosial, siswa dapat mengakses berbagai informasi, video pembelajaran, maupun artikel edukatif yang mendukung proses belajar. Namun, jika penggunaannya tidak terkontrol, media sosial dapat mengganggu kemampuan kognitif siswa, seperti konsentrasi belajar, pemahaman materi, daya ingat, dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap kemampuan kognitif peserta didik di SMK Negeri 33 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 45 siswa yang dipilih secara acak dari 602 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment. Data yang diperoleh dianalisis untuk melihat sejauh mana hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan aspek-aspek kognitif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media sosial dengan kemampuan kognitif peserta didik, namun tingkat korelasinya sangat rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya dominasi penggunaan media sosial untuk hiburan, kurangnya literasi digital siswa dalam memanfaatkan konten edukasi, serta lemahnya kontrol waktu dalam penggunaan media sosial. Selain itu, lingkungan sekitar, pengawasan orang tua dan guru, serta perbedaan cara penggunaan media sosial oleh tiap siswa turut memengaruhi hasil tersebut. Kesimpulannya, media sosial berpotensi membantu proses pembelajaran bila digunakan secara bijak. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan literasi digital, pengawasan, serta bimbingan yang lebih intensif dari sekolah dan orang tua agar media sosial dapat memberikan dampak positif bagi siswa dalam proses belajar sehari-hari.

References

Andreansyah F, M. (2024). Wawasan dan aksara. 4(1), 140–149.

Anidar, J. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. E-Tech, 07(IV), 1–12.

Fauzi, A. N. (2023). Konsentrasi Belajar dan Faktor-Faktornya Dalam Proses Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V Mis Mathlaul Anwar. 1–274. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73348

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609

Guntoro, H., Rikardo, D., Amirullah, Fahrisani, A., & Suarsana, I. P. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Journal Marine Inside, 1(2), 1–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.9

Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 1, 1–6. https://kiiies50.uindatokarama.ac.id/

Izzuddin, A. (2021). E D I S I Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Oktober, 3(3), 542–557. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46

Kartini, K., & Sa’adah, N. (2022). Dampak Musik Religi Terhadap Konsentrasi Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Pascasarjana BKI 2021-2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6033–6038.

Magdalena, I., Nurchayati, A., & Rizkiyanah, P. (2023). Perkembangan Kognitif Peserta Didik Pada Siswa Kelas 3 SDN Pakulonan 2. Technical and Vacational Education International Journal , 3(2), 2721–9798.

Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.

Putra, K. D. A. S., & Utami, L. C. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn 4 Abuan. Karmapati, 12(2), 131–136.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Rofi’, N. A., Trunojoyo, J., & Sumenep, G. (2024). Konsep Perkembangan Kognitif Peserta Didik Dalam Implementasi Pembelajaran Di Tingkat Sd. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 817–822. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.771

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.45

Syairozi, I., Perdana, R. P., Syahrial, R., Alfiyani, N. S., & Fadilah, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak (Survei di Pulo Gebang Rt. 003/004 Jakarta Timur). Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 4(1), 8–27. https://jurnalstitmaa.org/index.php/alasma/article/view/67%0Ahttps://jurnalstitmaa.org/index.php/alasma/article/download/67/60

Widada, C. K. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.

Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Ariani, L., & Farhana, F. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KOGNITIF PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SEKOLAH SMK NEGRI 33 JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6033–6042. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47464

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.