IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA INKLUSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS DI SMKN 7 JAKARTA)

Authors

  • Annisa Fauzia Universitas Islam Jakarta
  • Yuli Marlina Universitas Islam Jakarta
  • Maryam Sulaeman Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47462

Keywords:

Pendidikan Agama Islam Metode Pengajaran Inklusif, Slow Learners

Abstract

Penelitian ini mengkaji pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus, terutama siswa lambat belajar, di SMKN 7 Jakarta. Metode pembelajaran yang diterapkan bersifat fleksibel dan menyesuaikan kemampuan siswa dengan penggunaan alat peraga, simulasi, dan media visual guna memudahkan pemahaman materi agama. Guru PAI dan Guru Pendamping Khusus (GPK) berperan penting dalam kolaborasi pembelajaran yang suportif dan individualistis. Tantangan yang dihadapi meliputi pemahaman konsep abstrak, waktu belajar yang lebih lama, serta kebutuhan inovasi metode pengajaran. Dukungan kebijakan sekolah yang inklusif dan peran aktif orang tua dalam pembiasaan nilai agama di rumah menjadi faktor penunjang keberhasilan pendidikan agama bagi siswa inklusi. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang kontekstual dan individual, serta sinergi antara sekolah dan keluarga untuk mengoptimalkan internalisasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari siswa berkebutuhan khusus.

References

Abdul Hakim Hidayat, Anisa Rahmi, Nyai Ai Nurjanah, Yusuf Fendra, & Wismanto Wismanto. (2024). Permasalahan Penerapan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 102–111. Https://Doi.Org/10.62383/Hardik.V1i2.189

Afifah, N. , & M. S. (2022). Strategi Pembelajaran Inklusif Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Menengah.

Almeida, E., Rosero, A., Chiluiza, W., & Castillo, D. (2021). Edición Especial I, Abril.

Anshar, M., Ismail, I., Zakariyah, A., & Syahrul Alim, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Mapel Fiqih Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Mts Wachid Hasyim Surabaya. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 359. Https://Doi.Org/10.29240/Belajea.V5i2.1723

Ayuni, M., Bayu Pratama, K., & Sapitri Nasution, N. (2024). Implementasi Metode-Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam (Pai). 2, 753–765. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.14568161

Dzata Mirrota, D., & Al-Urwatul Wutsqo Jombang, S. (2024). Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Inklusi. 13(1). Https://Doi.Org/10.54437/Juw

Faihanah, L., & Muniroh, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 202–210. Https://Doi.Org/10.58518/Awwaliyah.V5i2.1126

Farisiyah, A., & Budiarti, Y. (N.D.). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Upt Sd N 1 Ganjaran.

Fitriana, D., Irmata Putri, R., Fajrin, E., & An Shoriah, K. (N.D.). Tinjauan Terhadap Paradigma Pengembangan Anak: Strategi Pendidikan Untuk Memperkuat Potensi Siswa Slow Learner Di Sdn 03 Alai.

Guru, S., Pembelajaran, D., Agama, P., Bagi, I., Khusus, A. B., Arif, M., Nurva’izah, S., Kasturi, M., & Aziz, N. A. (N.D.). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Https://Doi.Org/10.35891/Amb.V8i2.4717

Hayu, W. R. R., Dhania, H., Prasetyo, T., Rasmitadila, R., & Amril, L. (2024). Program Development And Learning Evaluation (Mediva) For Slow Learning Students Of The Primary School Teacher Education Study Program. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 257–267. Https://Doi.Org/10.30997/Jtdik.V11i2.11108

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (N.D.). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Hyassat, M., Al-Bakar, A., Al-Makahleh, A., & Al-Zyoud, N. (2024). Special Education Teachers’ Perceptions Of Parental Involvement In Inclusive Education. Education Sciences, 14(3). Https://Doi.Org/10.3390/Educsci14030294

Kartika, A., Uin Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, St, Said Husin, M., & Rahmawati, I. (2023). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi Di Smp Negeri 7 Samarinda. In Sultan Idris Journal Of Psychology And Education (Vol. 2, Issue 2).

Konstantinos, G. (2024). Thematic Analysis: A Practical Guide. European Journal Of Psychotherapy & Counselling, 1–4. Https://Doi.Org/10.1080/13642537.2024.2391666

Korikana, A. (2020). “Slow Learners- A Universal Problem And Providing Educational Opportunities To Them To Be A Successful Learner.” People: International Journal Of Social Sciences, 6(1), 29–42. Https://Doi.Org/10.20319/Pijss.2020.61.2942

Muhyatun, M. (2019). Upaya Preventif Perilaku Menyontek Siswa Melalui Layanan Dukungan Sistem. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). Https://Doi.Org/10.29240/Belajea.V4i2.891

Muniarti Erni, Anastasia Zahrah Nouf. (2022). Pendidikan Inklusif Ditingkat Sekolah Dasar. Pendidikan Inklusif Ditingkat Sekolah Dasar.

Mustaqimah, N., Wijaya, A., Latjompoh, M., Ashzar Ibrahim, Y., Rahmawati, E., Djerubu, D., Bayu Nugroho, P., Sutri Utami, E., Kusuma Wardhani, D., Wisendy Sina, M., Armianti Soemardjo, H., Rikson Maruwahal Sijabat, R., & Hidayah, N. A. (N.D.). Psikologi Pendidikan Dalam Belajar Dan Pembelajaran Pt. Mifandi Mandiri Digital.

Nurfadhillah, S., Fitri, A. N., Utami, D., Navyanti, F., J, G. S., Ustianingsih, L., Izzah, N., & Amalia, R. R. (2022). Pendidikan Inklusi Dengan Anak Penyandang Ketunaan Slow Learner (Lambat Belajar) Dan Cibi (Cerdas Istimewa, Berbakat Istimewa). Alsys, 2(1), 84–94. Https://Doi.Org/10.58578/Alsys.V2i1.144

Nurul Aini. (2021). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Kejuruan. Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa Berkebutuhan Khusu Disekolah Menengah Kejuruan.

Pujita Sari, A., & Susanti, L. (2024). Pendidikan Berkebutuhan Khusus Pada Anak Tunalaras (Gangguan Sosial-Emosi). Educational Journal Of Innovation And Publication (Ejip), 3(1), 2024. Https://Scholar.Google.Com/

Rousseau, L. (2021). “Neuromyths” And Multiple Intelligences (Mi) Theory: A Comment On Gardner, 2020. Frontiers In Psychology, 12. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.720706

Rusyani, E., Saepulloh, A., Maryanti, R., Ragadhita, R., Fitria, D., & Husaeni, A. (2021). The Effect Of The Team-Games-Tournament Method On Improving The Learning Ability Of Student With Hearing Impairment In Multiplication Concepts. Https://Doi.Org/10.17509/Xxxx.Vxix

Sari, S. F., & Fernandes, R. (2022). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi Pada Setting Sekolah Inklusif (Studi Kasus: Sma Negeri 2 Bukittinggi). Naradidik: Journal Of Education And Pedagogy, 1(2), 118–126. Https://Doi.Org/10.24036/Nara.V1i2.23

Suparno, S., Praptiningrum, N., & Purwandari, E. (2019). Dampak Implementasi Pendidikan Inklusi Terhadap Aspek Akademik Siswa Lamban Belajar (Slow Learner). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 23–28. Https://Doi.Org/10.21831/Jpipfip.V11i1.23795

Syafarina, L., Mulyasa, E., Smp, K., & Bandung, M. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 7(4), 2036–2043. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i4.1250

Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., Rakeyan Santang Karawang, S., & Agus Salim Lampung, I. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Pada Lembaga Pendidikan Islam Article History. In Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Fauzia, A., Marlina, Y., & Sulaeman, M. (2025). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA INKLUSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS DI SMKN 7 JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6052–6061. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47462

Similar Articles

<< < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)