PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47350Keywords:
Snowball Throwing, Talking Stick, Hasil Belajar, IPAS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing dan talking stick terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2024/2025 dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang lebih tinggi antara model pembelajaran snowball throwing dan talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy experimental design. Sampel penelitian sebanyak 40 peserta didik dengan 20 peserta didik dari kelas V A dan 20 peserta didik dari kelas V B. Kelas V A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Nilai rata-rata pre-test kelas V A adalah 64,20 dan nilai post-test adalah 86,20, sedangkan rata-rata pre-test kelas V B adalah 49,80 dan nilai post-test adalah 67,60. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian penggunaan model pembalajaran snowball throwing dan talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa. berdasarkan hasil t-test, nilai Sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi atau unggul dari pada menggunakan model pembelajaran talking stick pada kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2024/2025.References
Ananda, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 157–162.
Elvera & Astarina. (2021). Metodologi Penelitian. CV Andi Offset.
Hamzah, dkk. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Hendracipta. N. (2021). Model-Model Pembelajaran SD (2nd ed.). Tofani Multikreasi Bandung.
Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Rasyid dan Mansur. (2019). Penilaian Hasil Belajar. CV Wacana Prima.
Rusman. (2019). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Sahir. (2021). Metodologi Penelitian (Koryati (ed.); 1st ed.). KBM Indonesia.
Saleh, dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN 225 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 35–45.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprapmanto dan Zakiyah. (2024). Analisis Permasalahan Analisis Permasalahan Pembelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD. BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 199–204.
Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia.
Yadnyawati. I. (2019). Evaluasi Pembelajaran. UNHI Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mahfuza Zulfa Annisyah H asibuan, Ibrahim Gultom, Nurmayani Nurmayani, Albert Pauli Sirait, Masta Marselina, Sembiring Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




