HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Mayasari Mayasari Universitas Raharja
  • Nurul Hikmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Sinta Julina Universitas Jayabaya
  • Rika Silvany Politeknik Teknologi Kimia Industri
  • Liza Husnita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Mulyadi Nur Politeknik Penerbangan Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46919

Keywords:

Literasi Digital, Berpikir Kritis, Mahasiswa, Society 5.0

Abstract

Era Society 5.0 menuntut generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital secara bijak dan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara literasi digital dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebagai dua kompetensi kunci dalam menghadapi tantangan era digital. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah sejumlah sumber ilmiah yang relevan, baik berupa artikel jurnal nasional maupun prosiding. Proses telaah dilakukan secara sistematis melalui tahapan identifikasi sumber, seleksi literatur, telaah isi, dan analisis tematik terhadap hubungan antarvariabel. Hasil studi menunjukkan bahwa literasi digital berperan penting dalam membentuk pola pikir mahasiswa yang kritis, reflektif, dan analitis. Mahasiswa yang memiliki kemampuan literasi digital tinggi cenderung lebih mampu menyeleksi informasi, mengevaluasi validitas sumber, serta mengambil keputusan berdasarkan logika dan data yang akurat. Sebaliknya, kemampuan berpikir kritis juga menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas literasi digital karena mendorong mahasiswa untuk tidak sekadar menjadi pengguna pasif teknologi, tetapi menjadi subjek aktif yang mampu memilah dan memaknai informasi secara mandiri. Dengan demikian, kedua kompetensi ini bersifat saling melengkapi dan perlu dikembangkan secara beriringan dalam lingkungan pendidikan tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang integratif dan transformatif dalam mendukung mahasiswa agar mampu bersaing secara global di era Society 5.0.

References

Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi. https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/4458

Ardiyanti, E., Pujianti, E., & Setyaningsih, R. (2025). Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Melalui Penanaman Akhlakul Karimah Peserta Didik di Mts Hidayatul Mubtadiin: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 3898–3905.

Balkis, D. F., Hutapea, R. O. L., & Simangunsong, Y. L. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Berbasis Literasi Digital Menuju Era Society 5.0. Universitas Negeri Medan Repository. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53996

Chotimah, S. C., & Anggreini, S. (2025). Pentingnya Literasi Digital dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Society 5.0. Abdussalam: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://journal.iai-daraswaja-rohil.ac.id/index.php/abdussalam/article/view/63

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/2603

Herlina, S., Widiati, I., & Rizqiani, D. A. (2024). Analisis Korelasi Literasi Digital dan Literasi Statistis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Algoritma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view/43449

Hidayati, N., & Nugrahani, F. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Baca terhadap Kemampuan Literasi Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/760

Intan, M. A., Setyaningsih, R., & Pujianti, E. (2025). Implementasi Ta’zīr dalam Memperkuat Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Santri Putra di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Tahun 2024/2025: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 3906–3912.

Jannah, N., & Puspita, D. M. Q. A. (2023). Urgensitas Penerapan Kecakapan Abad 21 pada Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Al-Adabiyah: Jurnal Bahasa dan Sastra. https://al-adabiyah.uinkhas.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/764

Lawitta, R., & Najdah, T. (2024). Analisis Peran Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Prediktor Keterampilan Literasi Digital. Semnastekmu Proceedings. https://prosiding.stekom.ac.id/index.php/SEMNASTEKMU/article/view/237

Maftuhah, M. (2024). Strategi Pengembangan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Era Society 5.0. Progressa: Journal of Islamic Religious Education. https://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/index.php/pgr/article/view/494

Ni'mah, N. (2023). Peran Literasi Digital dalam Perkembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2589

Putranto, A., & Puspita, R. (2023). AKTIVISME DIGITAL PERSPEKTIF: GAMBAR BUAH SEMANGKA SEBAGAI INTERAKSI SIMBOLIK BAGI PALESTINA. Jurnal Komunikasi Dan Media Digital, 1(2), 1–14.

Rahayu, P., Subhiyanto, S., & Adityarini, E. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Digital dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Go Infotech: Jurnal Sistem Informasi. http://jurnal.stmik-aub.ac.id/index.php/goinfotech/article/view/312

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/11738

Rosalina, D., Yuliari, K., & Setianingsih, D. (2021). Faktor–Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0. EKONIKA Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. https://www.academia.edu/download/88306539/pdf.pdf

Setyaningsih, R., Rohmawati, R., Vitaloka, V., Ni’mah, A., Hadi, R., Ningsih, S. R., & Yani, M. A. (2025). Dampak Ideologi Liberalisme terhadap Pola Pikir Umat Islam. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 25–32.

Syarifuddin, S., Majid, A., & Hasyim, I. (2023). Studi Literasi Digital Melalui Pembelajaran Bahasa Pada LMS Kalam UMI. Jurnal Edukasi. https://core.ac.uk/download/pdf/590810131.pdf

Widiarta, I. P. G. D. (2025). PARTNERSHIP SCHEME IMPLEMENTATION AND BUSINESS SUCCESS IN BROILER FARMING: AN EMPIRICAL ANALYSIS. Jurnal Ilmu Ternak Universitas Padjadjaran, 25(1), 8–18.

Widiarta, I. P. G. D., Qamara, C., & Mayulu, H. (2025). Studi Sosial Ekonomi Pengelolaan Limbah Ternak Sapi sebagai Energi Terbarukan dan Pupuk Organik dalam Kerangka Circular Economy. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(2), 260–273.

Widiarta, I. P. G. D., Qamara, C., Agung, A. P., Aini, Q., Wahyuningtyas, A. N., & Anindyasari, D. (2025). Risk Management Strategies of Pig Farmers in Managing Production Challenges and Market Fluctuations. International Journal of Business and Applied Economics, 4(2), 557–572.

Widiarta, I. P. G. D., Qamara, C., Fatmarischa, N., Arifin, D. N., Putra, I. G. A. M., & Wijakesuma, M. H. (2025). Consumer Segmentation and Purchase Behavior in the Frozen Beef Market: Optimizing Product Attributes for Sustainability-Oriented Marketing Strategies. SEAS (Sustainable Environment Agricultural Science), 9(1), 63–74.

Widiarta, I. P. G. D., Qamara, C., Suhardi, S., Fajrih, N., Wahyuningtyas, A. N., & Fanani, A. F. (2025). Dissemination of Green Marketing and Circular Economy Concepts in Goat and Sheep Farming Management to Enhance Farmers’ Welfare. Participative Journal: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 57–69.

Widiarta, I. P. G. D., Suarna, I. W., Suryani, N. N., Suartiningsih, N. P. M., Kertiyasa, I. K. Y., & Wijakesuma, M. H. (2025). The Role of Managerial, Technical, and Marketing Factors in the Success of Young Entrepreneurs in Beef Cattle Farming. Animal Nutrition in Tropical Studies, 1(1), 19–30.

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/8096

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Mayasari, M., Hikmah, N., Julina, S., Silvany, R., Husnita, L., & Nur, M. (2025). HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5714–5720. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46919

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>