PENGARUH AFFILIATE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC PADA APLIKASI TIKTOK

Authors

  • Alfira Afiat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sampor Ali Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46086

Keywords:

Affiliate, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh affiliate marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Skintific pada aplikasi TikTok. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada 384 responden yang merupakan pelanggan TikTok Shop. Hasil analisis menunjukkan bahwa affiliate marketing dan kualitas produk secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian, di mana strategi pemasaran digital dan ulasan pelanggan menjadi faktor penentu utama. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan kepada pelaku bisnis kecantikan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan kualitas produk demi memenangkan persaingan di pasar kosmetik.

References

Adriana, Y., & Syaefulloh, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing dan Affiliate Marketing terhadap Purchase Decision melalui Online Customer Review Tas Perempuan di Shopee Affiliate (Studi Kasus pada Gen Z di Kota Pekanbaru). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(6), 3993. https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2823

Budi Dharma, & M. Rafiq Efrianda. (2023). Analisis Penjualan Online Melalui Media Sosial Tiktok. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 3(3), 269–278. https://doi.org/10.51903/jupea.v3i3.885

Dwi Poetra, R. (2019). Bab II Tinjauan Pustaka Bab II Tinjauan Pustaka 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055

Fadila, M. E., Sihabudin, S., & Fauji, R. (2024). Pengaruh Harga, Review Produk, Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Sosial Commerce. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 724–733. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4.870

Faisal, F., Sari, I. R., Saraswati, I., & Heikal, J. (2024). Analisis Pengaruh Karakteristik Produk terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan menggunakan Metode Regresi Logistik Biner. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1182–1190. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1064

Fatimah, F., Casmat, M., Matematika, P. S., & Terbuka, U. (2024). PEMODELAN REGRESI LINEAR UNTUK MEMPREDIKSI NILAI PENJUALAN DI PT GOODIEBAG CUSTOM. 5(September), 1–13.

Fauziah, D., Ali, H., Haymans Manurung, A., & Author, C. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Skintific (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Siber Multi Disiplin, 1(4), 159–172. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Firdausi, N. I. (2020). Anggi Prayogi (2020). Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Hulu, E., Mendrofa, Y., & Kakisina, S. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Indomarco Adi Prima Cabang Medan Stok Point Nias Kota Gunungsitoli. Jurnal Ilmiah Simantek, 6(4), 106–115.

Irwan, I., & Wibowo, E. A. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (Jmob), 1(4), 609–624. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3785

Iv, B. A. B., & Skintific, S. (2023). 4.1.2 Visi dan Misi Skintific. 43–68.

Kwan, M. C. (2023). The Use of TikTok Affiliate Marketing for e-Commerce and Online Business. Jurnal Adijaya, 1(01), 221–228. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj

Lestiyani, D. N., & Purwanto, S. (2023). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Love terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 886–898. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.5513

Mukuan, D. D. S., Tendean, V. S., & Tampi, J. R. E. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbucks Manado Town Square. Productivity, 4(1), 61–67.

Muzhiroh. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat). Jurnal Ecodemica, 25–30, 35. http://repository.stei.ac.id/1537/

Nadia Fordia Rahmawati. (2023). Pengaruh Affiliate Marketing, Live Streaming, dan Program Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4.

Nugroho, B. A., Pattiata, D. N., & Hellyani, A. (2024). Pengaruh Affiliate marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Tokopedia ). 4, 109–118.

Nur Afifa Agustin. (2023). Pengaruh Affilliate Marketing, Live Streaming, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Online Dalam Tiktokshop. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 137–152. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i3.2862

Ramadhayanti, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 94. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4161

Sari, D. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi Pada Pengguna Skintific di Samarinda). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7). http://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/1980%0Ahttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/download/1980/1793

Suparno, & Hermiati, N. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan. Jurnal Pundi, 04(01), 55–70.

Teruna, D., & Ardiansyah, T. (2021). Analisis Penjualan Produk Online UMKM melalui Marketplace dan E-Commerce dengan Pendekatan Binary Logistic Regression. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 204–220. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.281

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Afiat, A., & Ali, S. (2025). PENGARUH AFFILIATE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC PADA APLIKASI TIKTOK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5317–5328. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46086

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.