UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI SMA PUSRI PALEMBANG

Authors

  • Risma Nurul Usman Universitas PGRI Palembang
  • Missriani Missriani Universitas PGRI Palembang
  • Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.46055

Keywords:

Budaya Literasi, Peran Guru, SMA PUSRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangakan budaya literasi di SMA PUSRI Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik obsevasi, wawancara, angket terbuka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah upaya, tantangan, dan dampak. Upaya guru dalam mengembangkan budaya literasi melakukan beberapa upaya seperti pembiasaan membaca 15 menit, penyedian pojok baca di kelas, pemanfaatan perpustakaan, penggunaan teknologi dalam pembelajaran serta mendorong siswa untuk membaca dan menulis. Langkah-langkah di analisis menggunakan model Information Literacy menurut Ferguson, B yang mencakup lima komponen: Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), dan Literasi Visual (Visual Literacy). Dalam penerapannya, guru menghadapi tantangan rendahnya minat baca siswa, pilihan bacaan yang berbeda, pengaruh gawai, dan terbatas akses internet. Meskipun demikian, upaya guru menunjukkan dampak positif seperti berdampaknya minat baca siswa, meningkatnya kepercayaan diri, mengurangi ketergantungan pada gawai dan meningkatnya prestasi akademik siswa.  

References

Aisyah, S. D. (2023). Pendampingan Les Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Di Mi Al-Muhajir Kereng Pange. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 50.

Effendi, D. W. (2022). Penanaman Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Di Sekolah Dasar MelaluiI Penguatan Literasi Digital . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, 61.

Jainiyah, F. F. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisplin Indonesia, 1306.

Lestari, F. D. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JOURNALBASICEDU, 5089

Mutia, H. S. (2022). Analisis Deiksis dalam Berita Bencana Alam pada Media Daring Sindonews.Com Edisi Januari-Maret 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 13847-13848.

Niken, E. N. (2020). Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Nina, H. d. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 975.

Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN danKONSELING, 82.

Syahrani, H. Y. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. ADIBA: JOURNALOF EDUCATION, 65.

Zulkarnaini, W. d. (2024). Implemantasi Program Perpustakaan "KEREN" di Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum dan Administrasi Negara, 15.

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Usman, R. N., Missriani, M., & Effendi, D. (2025). UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI SMA PUSRI PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7180–7191. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.46055

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.