ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 01 SUAK TAPEH

Authors

  • Ayu Febrianti Universitas PGRI Palembang
  • Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31253

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN 01 Suak Tapeh. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data dari observasi dan wawancara dengan guru kelas IV. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah terbukti efektif dengan adanya keberagaman gaya belajar siswa. Indikator keberhasilan seperti kerja sama dalam kelompok, penghargaan terhadap teman, kemandirian dalam belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas siswa menunjukkan pencapaian yang baik. Wawancara dengan guru juga mengindikasikan bahwa peran guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi telah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, meskipun terdapat tantangan dalam penggunaan media pembelajaran yang kreatif. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk lebih memahami praktik pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia.

References

Amanda Vania Andryan et.al. (2022). Integratif Diferensiasi Penerapan membaca . journal.universitaspahlawan.ac.id, 58.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. jurnal kependidikan, 122-123.

Effendi Darwin . (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. jurnal.univpgri-palembang.ac.id, 127.

Ekasatya afriansyah Aldila et.al. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Jurnal pendidikan.

Faiz Aiman et.al. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak. Jurnal Basicedu, 285.

Hadi Saptono. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Sekolah dasar. Jurnal Pendididkan, 76.

Herwina Wiwin. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Persfektif Ilmu Pendidikan, 177.

Hidayah Nurul. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pemebelajaran bahasa indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pemebelajaran Dasar, 194.

Kusuma Yandri Yanti. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan lokal pada Perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling , 2939.

Mariyani et.al . (2020). Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Jurnal kajian, penelitian, dan pengembangan pendidikan sejarah , 149.

Marlina. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak . Jurnal Basicedu, 2849-2850.

Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensasi Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 115.

Muhammad Ali. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra ( BASASTRA) Di Sekolah Dasar. Pernik Jurnal PAUD, 41.

Pane Noris Rezeki et.al. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Multidisiplin Ilmu , 180.

Purnawanto Teguh Ahmad. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 39-40.

Rachmadhani Devi Aulia Santa. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik . Jurnal Pendidikan , 183.

Rachmah ida et.al. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian . The journal of society and media , 131.

Rachmawati Nur Imami. (2007). pengumpulan data dalam penelitian kualitatif : wawancara. Jurnal keperawatan indonesia , 35.

Rahmi Nikmatur Mayangsari et,al. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan karakteristik gaya belajar. Jurnal Pendidikan, 358-359.

Rijali Ahmad . (2019). Analisis dara kualitatif. Jurnal Ilmu Dakwah , 94.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA

Sudarsono blasius. (2017). Memahami dokumentasi. Jurnal ilmiah perpustakaan dan informasi , 49.

Tomlinson. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Pancaindera Manusia Pada Siswa Kelass 4C SD Negeri Ngalik 01 Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Teman Widya Humaniora (JPTWH), 235.

Wulandari Sintia Ade. (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Belajar Dalam Keberagaman . Jurnal Pendidikan MIPA, 688.

Yahya Fahmi et.al . (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensasi Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 38

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Febrianti, A. ., Effendi, D. ., & Noviati, N. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 01 SUAK TAPEH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9365–9369. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31253