PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KETERSEDIAAN E-JOURNAL DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45228Keywords:
Persepsi Mahasiswa, E-Journal, Perpustakaan Digital, Layanan Informasi, AksesibilitasAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi layanan perpustakaan ke arah digital, salah satunya melalui penyediaan e-journal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap ketersediaan e-journal di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 73 mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan 2021–2023 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan enam indikator: kemudahan akses, efisiensi, kecepatan terbitan, interaktivitas, fitur layanan, dan kepemilikan akses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa secara umum berada pada kategori “baik”, dengan skor rata-rata indikator berkisar antara 2,98 hingga 3,17 dari skala 1-4 . Kesimpulannya, ketersediaan e-journal dinilai cukup mendukung kebutuhan akademik mahasiswa, namun optimalisasi pemanfaatannya masih perlu ditingkatkan.References
Hasibuan, L. L., Susanti, N., & Syam, A. M. (2023). Pemanfaatan E-Journal Sebagai Sumber Referensi Dalam Penulisan Skripsi Oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Di Masa Pandemi. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(2), 31–40.
Rusydi, Ibnu, Pemanfaatan E-Journal sebagai Media Informasi Digital, Jurnal Iqra’, Volume 8, No. 2 (Oktober 2014): 202, diakses 21 Agustus 2018
Sri Wahyuningsih, A. S. (2022). Keluhan Pemustaka Pada Layanan Sirkulasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Purwokerto Barat: Zahira Media Publisher.
Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.271-286
Yanti, E. R., Aslan, & Multahada, A. (2022). Persepsi Siswa Pada Pendidikan Nilai Di Sekolah Dasarr Tarbiyatul Islam Sambas. Adiba : Journal Of Education, 2(3), 429–440.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vahrul Gustiawan, Rini Asmara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




