EFEKTIVITAS PENDEKATAN FILSAFAT SAINS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM NEWTON DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Alhidayatuddiniyah T.W. Universitas Indraprasta PGRI
  • Nur Alamsyah Universitas Indraprasta PGRI
  • Henny Suharyati Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45160

Keywords:

Efektivitas, Filsafat Sains, Hukum Newton, Pemahaman Konsep, Fisika.

Abstract

Pendekatan filsafat sains dalam pembelajaran fisika diyakini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar, khususnya hukum Newton. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas pendekatan tersebut dalam memperdalam pemahaman mahasiswa terhadap prinsip hukum Newton. Menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group, data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan wawancara. Hasil uji-t menunjukkan nilai t = 6,58 dengan p<0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Mahasiswa yang diajarkan dengan pendekatan filsafat sains menunjukkan peningkatan pemahaman konsep yang lebih signifikan dibandingkan mahasiswa yang belajar dengan metode konvensional. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan filsafat sains dalam pembelajaran fisika di perguruan tinggi merupakan alternatif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep secara mendalam dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran fisika secara keseluruhan.

References

anugrahdwi. (2023, May 29). Rumus Lengkap dan Penerapan Tentang Hukum Newton 1 2 3. Https://Pascasarjana.Umsu.Ac.Id/Rumus-Lengkap-Dan-Penerapan-Tentang-Hukum-Newton-1-2-3/.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Handhika, J., & Kurniadi, E. (2014). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami konsep Vektor Gaya pada Hukum Newton. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 2(1), 47–51.

Hau, R. R. H., & Nuri, N. (2019). Pemahaman siswa terhadap konsep hukum i newton. Variabel, 2(2), 56–61.

JABAR, S., FITRISIA, A., & FATIMAH, S. (2024). PERAN FILSAFAT ILMU DALAM MENGEMBANGKAN METODE PENELITIAN ILMIAH. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 577–582.

Januarifin, D., Parno, P., & Hidayat, A. (2018). Kesalahan siswa SMA dalam memecahkan masalah pada materi Hukum Newton. Momentum: Physics Education Journal.

Muzakir, K., Aqlima, C. N., Simbolon, T., Agusrian, K., & Dongoran, R. (2024). FILSAFAT SEBAGAI DASAR PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN. JURNAL ILMIAH NUSANTARA, 1(4), 217–229.

Prima, W. A. P., Khusaini, K., & Hidayat, A. (2024). Analysis of Student Learning Needs in the Differentiated Learning Review of Merdeka Curriculum in Physics Learning. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 7(1), 227–235.

Rizkita, N., & Mufit, A. (2022). “Analisis Penguasaan Konsep Hukum Newton.” Jurnal Pendidikan.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

T.W., A., Alamsyah, N., & Suharyati, H. (2025). EFEKTIVITAS PENDEKATAN FILSAFAT SAINS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM NEWTON DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4821–4828. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45160

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.