PENGARUH KONTEN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP PENINGKATAN CUSTOMERS ENGAGEMENT PADA AKUN @DIPPEW.ID
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44630Keywords:
Customer erngagement, Instagram, Social Media MarketingAbstract
Social media marketing memiliki peranan penting dalam meningkatkan customer engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten social media marketing Instagram terhadap peningkatan customer engagement pada akun Instagram @dippew.id. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 100 responden yang merupakan followers akun @dippew.id. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur dua variabel utama, yaitu konten social media marketing dan customer engagement, serta dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten social media marketing yang diterapkan pada akun @dippew.id berada dalam kategori sangat baik, begitu pula dengan tingkat customer engagement berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara konten social media marketing terhadap peningkatan customer engagement. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan konten yang strategis dan konsisten dalam media sosial guna membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan.References
Azmy, W. L., Nugroho, A., Anita, S., & Sarah, S. (2024). The customer engagement effect on customer loyalty (Case study: Marketplace retailer). Jurnal Cahaya Mandalika, 5(1). http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM
Brodie, R., Hollebeek, L., Ilic, A., & Juric, B. (2011). Customer engagement: Conceptual domain, fundamentalpropositions, and implications for research in service marketing. Journal of Service Research, 14(3), 252. https://www.researchgate.net/publication/285726483
Darmadi, R., Silitonga, P., & Kristiadi, A. A. (2021). Pengaruh social media customer engagement dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas terhadap perguruan tinggi. Widya Manajemen, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v3i2
Dolan, R., Conduit, J., Fahy, J., & Goodman, S. (2015). Social media engagement behaviour: A uses and gratifications perspective. Journal of Strategic Marketing, 24(3–4), 261–277. https://doi.org/10.1080/0965254X.2015.1095222
Firliandoko, R., Luthfie, M., & Kusumadinata, A. (2018). Strategi manajemen komunikasi pada Bogor ngariung. Jurnal Komunikatio, 4(1), 13.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing management. Pearson Education Limited.
Maria, S., Pusriadi, T., Hakim, Y. P., & Darma, D. C. (2019). The effect of social media marketing, word of mouth, and effectiveness of advertising on brand awareness and intention to buy. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(2), 107. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i2.2234
Miyazoe, K. (2022). The concept of community-based marketing. Annals of Business Administrative Science, 21(3), 61–73. https://doi.org/10.7880/abas.0220420a
Nugraha, A., Sarah Maesaroh, S., & Nuryadin, A. (2024). Pengaruh content marketing terhadap customer engagement media sosial instagram @sukabumi_. Jurnal Mirai Management, 9(1), 1008–1015.
Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (we are social): Data digital Indonesia 2024. Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Data-Digital-Indonesia-2024/.
Sashi, C. M. (2012). Customer engagement, buyer-seller relationships, and social media. Management Decision, 50(2), 253–272. https://doi.org/10.1108/00251741211203551
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi. ALFABETA.
Susilowati, R. (2022). Pengaruh social media marketing instagram terhadap keputusan pembelian produk di sonokuno kitchen Jakarta. JUKIM (Jurnal Ilmiah Multidisiplin), 1(2), 49–56.
Wijayanti, S. D., Massie, J. D. D., Wijayati, S. D., Massie, J. D. D., & Tumewu, F. J. (2018). Analysis of customer engagement behavior for small and medium souvenir enterprises in Manado. Jurnal EMBA, 6(3), 1378–1387.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Futry Ayu Gayatri, Undang Suryatna, Robby Firliandoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.