UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA DALAM BERMEDIA SOSIAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA PESERTA DIDIK KELAS X TO-3 SMK N 2 KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44583Keywords:
Digital; Curah Pendapat; Bimbingan Kelompok; Media Sosial; SiswaAbstract
Meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan pelajar tidak diimbangi dengan kesadaran akan etika digital. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang etika media melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 10 siswa kelas X TO-3 di SMK N 2 Kudus. Metode yang diterapkan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah skala etika media sosial, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman etika siswa yang signifikan melalui diskusi partisipatif. Brainstorming terbukti efektif dalam mengembangkan tanggung jawab, empati, kesadaran privasi, dan literasi digital siswa.References
Ananda, R., et al. (2021). Literasi Media Sosial dan Hukum Digital. Medan: Unimed Press.
Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Introduction to Counseling and Guidance (7th ed.). Boston: Pearson.
Lianasari, D., & Purwanto, E. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/jubk.v5i1.18504
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mooy, M. E., Natalia, M., & Taneo, J. (2023). The Effectiveness of Reality Group Counseling in Reducing Social Media Dependency. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 5(3), 279-289. https://doi.org/10.51214/00202305459000
Nunung, M. Y., Doni, Y. D., & Bone, M. P. (2025). Efektivitas Penerapan Teknik Brainstorming melalui Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan dan Konseling, 9(1), 1-10.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa.
Prayitno, & Amti, E. (2012). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi ke-10). Jakarta: Rineka Cipta.
Suryati, dkk. (2024). Etika Digital Remaja melalui Brainstorming. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 23-30.
Priyo, A., & Herlianto, R. (2024). Peningkatan Kesadaran Etika Media Sosial. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 89-101.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahman, M. F., et al. (2023). Penguatan Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 45-56
Samudraa, R., & Wangid, M. N. (2023). The Effectiveness of Online Group Guidance in Reducing Social Media Addiction of High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(3), 45-52.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon, & Siregar. (2022). Perilaku Digital Generasi Z. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lisna Alfiyana, Edris Zamroni, Eko Wahyu Widodo Sutiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




