UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA DALAM BERMEDIA SOSIAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA PESERTA DIDIK KELAS X TO-3 SMK N 2 KUDUS

Authors

  • Lisna Alfiyana Universitas Muria Kudus
  • Edris Zamroni Universitas Muria Kudus
  • Eko Wahyu Widodo Sutiyono SMK Negeri 2 Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44583

Keywords:

Digital; Curah Pendapat; Bimbingan Kelompok; Media Sosial; Siswa

Abstract

Meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan pelajar tidak diimbangi dengan kesadaran akan etika digital. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang etika media melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 10 siswa kelas X TO-3 di SMK N 2 Kudus. Metode yang diterapkan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah skala etika media sosial, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman etika siswa yang signifikan melalui diskusi partisipatif. Brainstorming terbukti efektif dalam mengembangkan tanggung jawab, empati, kesadaran privasi, dan literasi digital siswa.

References

Ananda, R., et al. (2021). Literasi Media Sosial dan Hukum Digital. Medan: Unimed Press.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Introduction to Counseling and Guidance (7th ed.). Boston: Pearson.

Lianasari, D., & Purwanto, E. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/jubk.v5i1.18504

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mooy, M. E., Natalia, M., & Taneo, J. (2023). The Effectiveness of Reality Group Counseling in Reducing Social Media Dependency. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 5(3), 279-289. https://doi.org/10.51214/00202305459000

Nunung, M. Y., Doni, Y. D., & Bone, M. P. (2025). Efektivitas Penerapan Teknik Brainstorming melalui Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan dan Konseling, 9(1), 1-10.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa.

Prayitno, & Amti, E. (2012). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi ke-10). Jakarta: Rineka Cipta.

Suryati, dkk. (2024). Etika Digital Remaja melalui Brainstorming. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 23-30.

Priyo, A., & Herlianto, R. (2024). Peningkatan Kesadaran Etika Media Sosial. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 89-101.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, M. F., et al. (2023). Penguatan Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 45-56

Samudraa, R., & Wangid, M. N. (2023). The Effectiveness of Online Group Guidance in Reducing Social Media Addiction of High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(3), 45-52.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, & Siregar. (2022). Perilaku Digital Generasi Z. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Alfiyana, L., Zamroni, E., & Sutiyono, E. W. W. (2025). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA DALAM BERMEDIA SOSIAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA PESERTA DIDIK KELAS X TO-3 SMK N 2 KUDUS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4307–4312. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44583

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.