PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI, DEMOKRASI, KESETRAAN DAN KEADILAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44292Keywords:
Pendidikan Multikultural, Toleransi, Demokrasi, Kesetaraan, Dan KeadilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas penanaman nilai-nilai toleransi, demokrasi, kesetaraan, dan keadilan melalui pendidikan Multikulturalisme. Untuk metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode studi literatur, yang memuat uraian sistematis tentang kajian literatur dan hasil penelitian sebelumnya yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan dan diusahakan menunjukkan kondisi terkini dari bidang ilmu tersebut. Literatur yang dikaji dalam tulisan ini adalah beragam tulisan jurnal maupun buku yang relevan dengan tema, yaitu tentang nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan multikultural sangat diperlukan guna untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, demokrasi, kessetaraan dan keadilan.References
Abdullah, Irwan: Tantangan Multikulturalisme dalam Pembangunan, ETNOVISI: Jurnal
Antropologi Sosial Budaya Vol. II. No. 1. April 2006, hal. 12-21
Adekani & Sentiya, Nana (2022). Konsep Kesetaraan dan Keadilan Multikultural dalam Pendidikan Islam. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1, Vol.1 (Desember 2022)
Albina, M (2022). Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam. Sumatera Utara: Formt Publishing.
Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer Volume, 9 (1).
Az Zahra, Fadhila dan Nabila, Dea (2024). Pendidikan Demokrasi sebagai Alat Penguatan Kebhinekaan Dan Toleransi di Sekolah, Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, vol.2. No.4 Agustus 2024
Azkiya, Hidayati, dkk. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam, Al-Thariqah, 2022.vol.7(2).
Azra, A. (2015). Pendidikan Agama: Membangun Multikulturalisme Indonesia, dalam Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Husna, Arinal & Mahfuds, Yusqi (2022). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan di Pondok Pesantren, MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, Nomor 2, Desember 2022
Khairiah. (2018). Kesempatan Mendapatkan Pendidikan Dalam Kajian Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusnaeni, Y., & S, M. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Journal of Economic Education, 5(1).
Moleong, L.J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2014). Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nazir, M. (1985). Metode Penelitian, Ghalia Indonesia.
Puspita, Yenny (2017). Pentingnya Pendidikan Multikultural, PROSIDING SEMINAR NASIONAL 21 UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 05 MEI 2018
Rohmah, SN., dkk., (2024). Pengembangan Budaya dan Toleransi dalam membangun keberagaman masyarakat di Ma’had al-Zaytun, TASHDIQ, vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Rosyad, Rifki (2021). Toleransi Beragama dan Harmonisasi Sosial, Bandung 2021
Rosyada, Dede (2014). Pendidikan Multikultural di Indonesia Sebuah Pandangan onseptual, SOSIO DIDAKTIkA: Vol. 1. No.1 Mei 2014
Ruslan, R (2006). Metode Penelilitian Relations: Public Relations dan Komunikasi. Rajagrafindo Persada. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=M_-Daqaacaaj
Santoso, YBP dan Hidayat, Adi, (2022). Penanaman Demokrasi Melalui Pembelajaran IPS, JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), Vol.09. No.02 (2022)
Siregar, F.H. dkk. HAKIKAT DAN TEORI-TEORI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Supriatin, Atin dan Nasution, Aida Rahmi (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praktik pendidikan di Indonesia, Elementary Vol. 3 Edisi Januari-Juni 2017
Syaifuddin, Achmad Fedyani: Membumikan Multikulturalisme di Indonesia, ETNOVISI: Jurnal Antropologi Sosial Budaya Vol. II. No. 1. April 2006, hal. 3-11
Venesia, Agnes, dkk. (2023). Pentingnya Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Masyarakat, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Vol. 25, No. 1 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faizin Faizin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.