IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43969Keywords:
Bina Pribadi Islam, KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program BPI dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MTs Hidayatul Mubtadiin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BPI terlaksana melalui kegiatan pembiasaan keagamaan, pendidikan akhlak, dan keteladanan dari guru dan lingkungan sekolah. Faktor pendukung keberhasilan program antara lain keterlibatan aktif guru, dukungan orang tua, dan budaya sekolah yang religius. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala seperti ketidakkonsistenan peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program BPI efektif dalam membentuk karakter peserta didik, namun perlu adanya strategi tambahan untuk meningkatkan konsistensi penerapan karakter di luar lingkungan sekolah.References
Al-Ghazali. (2011). Ihya’ Ulumuddin. Pustaka Amani.
Arikunto, S., Safruddin, C., & Jabar, A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Bitasari, W. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 24–41.
Daradjat, Z. (2005). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya.
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Program Pembinaan Karakter Islami terhadap Kepribadian Peserta Didik di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 45–60.
Ibnu Miskawaih. (2011). Tahzib al-Akhlaq. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Kohlberg, L. (1981). The Philosophy of Moral Development. Harper & Row.
Tayipnapis, F. Y. (2010). Evaluasi Program. PT Rineka Cipta.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal TAUJIH, 14(01), 78–90. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faturrahman Faturrahman, Firman Ferdiansyah, Muhammad Hardi, Etika Pujianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.