IMPLEMENTASI TIK BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN (PERPUSNAS RI NO. 4 TAHUN 2024) DI SMP NEGERI 15 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44915Keywords:
Implementasi TIK, Standar Nasional Perpustakaan, Perpusnas RI No. 4 Tahun 2024, Perpustakaan Sekolah, SMP Negeri 15 PadangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (Perpusnas RI No. 4 Tahun 2024) di SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan atau kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa dari kelas VIII.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek perangkat keras memperoleh skor rata-rata 4,31 dan masuk kategori sangat baik; (2) aspek jaringan dan akses internet memperoleh skor rata-rata 4,03 dengan kategori baik; (3) aspek perangkat lunak otomasi perpustakaan memperoleh skor 4,08 meskipun belum diimplementasikan secara nyata; (4) aspek layanan berbasis digital memperoleh skor 4,17 dengan kategori baik, namun belum tersedia katalog daring maupun peminjaman elektronik; dan (5) aspek koleksi digital memperoleh skor 4,19, tetapi perpustakaan belum menyediakan e-book maupun jurnal elektronik. Secara keseluruhan, implementasi TIK di SMP Negeri 15 Padang dapat dikategorikan cukup baik, dengan dua aspek yang telah memenuhi standar dan tiga aspek lainnya yang belum optimal.References
Abdullah, A. N., Johan, R. C., & Ajie, M. D. (2017). Pemanfaatan Internet Sekolah untuk Mendukung Pencarian Informasi Siswa (Studi Deskriptif pada Perpustakaan Sekolah SMAN di Kota Bandung). Edulibinfo, 7(2), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/14630%0A
Adekoya, C. O., Fasae, J. K., & Alade, A. V. (2024). Academic libraries, ICT use and sustainable higher education development. Information Discovery and Delivery, 52(1), 1–10. https://doi.org/10.1108/IDD-01-2022-0002
Alpiyansyah, A., Priatna Sanusi, H., & Mulyani, H. (2023). Hubungan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) dengan Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan. EUREKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 51–68. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/jppm/article/view/5825
Fadhli, R., Bustari, M., Suharyadi, A., & Firdaus Muhammad, F. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pena Persada.
Fahrizandi. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63–75. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
Mathar, T., & Irawati. (2022). Tantangan Perpustakaan Sekolah dalam Menerapkan Integrated Library System. Literatify : Trends in Library Developments, 3(2), 112–121. https://doi.org/10.24252/literatify.v3i2.31964
Mehta, D., & Wang, X. (2020). COVID-19 and digital library services – a case study of a university library. Digital Library Perspectives, 36(4), 351–363. https://doi.org/10.1108/DLP-05-2020-0030
Nabahati. (2018). Pemanfaatan internet di perpustakaan dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah oleh siswa-siswi di sma negeri modal bangsa aceh [Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14938/
Nugroho, A. A., & Isnainy, N. A. (2020). Penggunaan Aplikasi OPAC untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Perpustakaan. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(1), 33–53. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i1.92
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2024). Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2024 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah/Madrasah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/297048/peraturan-perpusnas-no-4-tahun-2024
Saputri, L., Arifin, A., & Razak, I. A. (2023). Digitalisasi Perpustakaan Sekolah. Student Journal of Educational Management, 3, 189–202. https://doi.org/10.37411/sjem.v3i2.1709
Subrata, G. (2008). Automasi Perpustakaan. https://repository.um.ac.id/1291/1/Automasi Perpustakaan.pdf
Suryani, E., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 177–184. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.15422
Susila, A. A. R., Falah, R. S., Taofik, D. B. I., & Ramdan, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Digital Book pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 50–56. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.814
Sutarno, N. (2003). Manajemen Perpustakaan: Teori dan Praktik. Sagung Seto.
Wibawanto, A. (2018). Penggunaan Internet dalam Perpustakaan. Pustakaloka, 10(2), 191. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v10i2.1472
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fediantos Fediantos, Elva Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




