PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN WIZER.ME DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMAN I PULAU RAKYAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31820Keywords:
LKPD, RME, Wizer.meAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan aplikasi Wizer.me di SMA Negeri 1 Pulau Rakyat. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D dengan tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Namun penelitian ini, hanya sampai pada tahap pengembangan. Penelitian dilatar belakangi oleh penggunaan LKS yang masih monoton karena kurangnya soal yang mampu mendorong kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah dan minimnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi yang dilihat dari 3 validator mencapai persentase 93,78% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil praktikalitas diperoleh dari angket respon pendidik dan peserta didik. Angket respon pendidik menunjukkan persentase akhir 92,50% oleh 1 responden dan angket respon peserta didik menunjukkan persentase akhir 90,45% oleh 31 responden dengan kategori sangat praktis. Adapun hasil keefektifan dapat dilihat dari ketuntasan 28 dari 31 peserta didik pada tes kemampuan pemecahan masalah mencapai presentase 90,32% dengan kategori sangat efektif. Sebagaimana hasil penelitian disimpulkan LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Downloads
Published
2024-07-17
How to Cite
Rahmayanti, S. ., Dailami, D., Apricilia, A. ., & Hanina, H. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN WIZER.ME DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMAN I PULAU RAKYAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10608–10615. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31820
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Sri Rahmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.