PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Harumi Siregar STKIP Pangeran Antasari
  • Kiki Tristiawanti Simbolon STKIP Pangeran Antasari
  • Halima Tussa'diyah STKIP Pangeran Antasari
  • Lenni Marlina Harahap STKIP Pangeran Antasari
  • Sri Ramayani STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41203

Keywords:

enelitian Tindakan Kelas (Ptk), Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Media Powerpoint.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan materi pembelajaran PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi pada siswa kelas tiga di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu GHAFA. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari pertemuan 60 menit. Studi ini melibatkan tiga puluh empat siswa. Survei motivasi dan penilaian hasil belajar digunakan untuk mengumpulkan data. Antusiasme siswa untuk belajar meningkat dari 48% (kategori rendah) di awal menjadi 70% (kategori sedang) pada siklus 1 dan 90% (kategori tinggi) pada siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64 pada tahap awal menjadi 71 pada siklus 1 dan 86 pada siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari 52,94% pada kondisi awal menjadi 76,47% pada siklus 1 dan 91,17% pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar meningkat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan materi PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa.

References

Amalida, Lusi, and Leli Halimah. 2023. “Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal 4 (1): 54–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2082.

Budianti, Yudi, Rima Rikmasari, and Dita Aditya Oktaviani. 2023. “Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7 (1): 127. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120545.

Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. 2023. “Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh.” BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–215.

Huda, Irkham Abdaul. 2020. “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Disekolah Dasar.” JPDK 2 (1): 121–25.

Lebu, H., Wardiah, D., & Indasari, M. 2020. “Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sd.” Indonesian Journal Of Elementary Education (Ijoee) 2 (1).

Maesaroh, Siti, and Ahmad Mulyadiprana. 2020. “Rancangan Multimedia Interaktif Tentang Pantun Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (3): 133–42. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25338.

Melvi Natalia, Wiyun Philipus Tangkin. 2022. “Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan.” Jurnal Educatio 8 (3): 1017–25.

N., & Hidayat, F. D. 2023. “Training Children’s Character Education Through Technology-Based Learning Media.” International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities 1 (1): 35–44.

Permendikbudristek. 2022. “Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah 1 (69): 5–24.

Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. 2020. “Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar 1 (1): 49–54.

Rizky Ayudhityasari. 2021. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Powerpoint Interaktif Di Sekolah Dasar.” Educatif Journal of Education Research 4 (2): 73–80. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i2.107.

Suryana, I Gede Putu Eka. 2021. “Pengenalan Aplikasi Microsoft Office Anak SD Di Lingkungan Banjar Malkangin Kelurahan Dajan Peken Tabanan.” Sains Penmas 1 (1).

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Siregar, H., Simbolon, K. T., Tussa’diyah, H., Harahap, L. M., & Ramayani, S. (2025). PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 294–300. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41203

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.