PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UMKM VDI KOTA KENDARI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Ayuningtyas Putri Mumpuni Asy’ary Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam
  • Yusuf Yusuf Universitas Halu Oleo Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40191

Keywords:

Citra Merek; Loyalitas Pelanggan; Media Sosial; UMKM

Abstract

Penggunaan media sosial telah menjadi strategi penting dalam pemasaran digital bagi UMKM, terutama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan citra merek. Namun, banyak UMKM, khususnya di Kota Kendari, yang belum memanfaatkan media sosial secara optimal untuk membangun keduanya. Gap penelitian yang ada adalah minimnya studi yang mengkaji pengaruh citra merek sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara media sosial dan loyalitas pelanggan pada UMKM di daerah non-metropolitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji pengaruh media sosial terhadap loyalitas pelanggan dengan citra merek sebagai variabel moderasi, dengan melibatkan 130 responden UMKM di Kota Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun media sosial berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, citra merek justru memiliki efek moderasi negatif, yang mengurangi dampak positif dari media sosial terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini memberikan wawasan penting dalam merancang strategi pemasaran digital yang lebih efektif bagi UMKM, dengan penekanan pada pentingnya pengelolaan citra merek di media sosial. Penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut dengan memperluas cakupan sampel dan eksplorasi variabel-variabel lain yang mempengaruhi loyalitas pelanggan.

References

Ab Rahman, A. H., Sabri, N. A. A., Mohamad, S. R., & Samad, N. S. A. (2024). Factors Affecting Future E-Learning Acceptance and Continuation Among Students in Kelantan Community Colleges. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 33(3), 279–292. Scopus. https://doi.org/10.37934/araset.33.3.279292

Abdullah, A., Baso, A., Ilham, I., & ... (2023). Digital Marketing, Inovasi Produk Dan Sosial Capital Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada UMKM Produk Koral Dan Ikan Hias. Indo-Fintech Intellectuals …, Query date: 2024-03-14 01:46:48. https://www.indo-intellectual.id/index.php/ifi/article/view/122

Abdurohim, D. (2023). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis). repository.unpas.ac.id. http://repository.unpas.ac.id/64428/

Agustin, E., Sabrina, R., & ... (2022). ANALISIS PENGARUH UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KEUANGAN DAN DERAJAT KESEHATAN DI INDONESIA. … Kesehatan …, Query date: 2024-03-02 11:01:46. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/9124

Ainun, S., Harmain, H., & ... (2024). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kec. Kualuh …. El-Mal: Jurnal Kajian …, Query date: 2024-03-02 10:59:49. http://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/elmal/article/view/970

Ajibade, S.-S. M., & Zaidi, A. (2023). Technological Acceptance Model for Social Media Networking in e-Learning in Higher Educational Institutes. International Journal of Information and Education Technology, 13(2), 239–246. Scopus. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.2.1801

Alam, A., & Rita, M. (2022). Penerapan Sak Emkm Pada Umkm: Survei Pada Umkm Yang Berada Di Kecamatan Tingkir, Salatiga. Jurnal Visi Manajemen, Query date: 2024-03-02 10:59:49. http://stiepari.org/index.php/jvm/article/view/190

Alfarizi, M. (2023). Peran Sertifikasi Halal Dan Kepatuhan Praktik Halal Terhadap Kinerja Bisnis Berkelanjutan: Investigasi Pemodelan Empiris Sektor Umkm Kuliner Nusantara. Harmoni, Query date: 2024-01-19 08:35:21. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/654

Alharits, S., & Wahyono, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Private Label Pada Super Indo Supermarket Cabang Kelapa Dua. Jurnal Manajemen, Query date: 2024-08-24 03:51:10. https://ojs.jekobis.org/index.php/manajemen/article/view/235

Armayani, R., Tambunan, L., Siregar, R., & ... (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan …, Query date: 2024-03-14 01:48:24. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400

Aryani, L., & Desmintari, D. (2019). The Behavior of Consumer Satisfaction in The Process of Purchasing Decisions in the Umkm Culinary Bogor North Bogor City. International Journal of Multicultural and …, Query date: 2024-01-19 08:35:21. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/989

Asraf, A., Erwanto, E., Malihah, L., Yakin, I., & Suryani, N. K. (2023). The Influence of Self Efficacy and Workload on Work on Employee Performance. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1).

Aulady, F., & Harianto, S. (2022). Pertukaran Sosial dalam Hubungan Pertemanan Remaja Desa Winong melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, Query date: 2024-02-11 09:22:33. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIIS/article/view/54926

Auliya, N., Andriani, H., Fardani, R., Ustiawaty, J., & ... (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=qijKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA14&dq=metode+kualitatif&ots=lkdl71bYbE&sig=9SD5cvJADWOKMTotqk6W0YKrZrE

Az-Zahra, N. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural …, Query date: 2024-03-14 01:49:24. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/47

Darnila, E., Aprilia, Y., Salsabila, C., & Faiza, N. (2022). Implementasi Sistem Pakar Balita Malnutrisi bagi Petugas Kesehatan Muara Dua di Gampong Meunasah Mesjid Lhokseumawe. Citra Abdimas: Jurnal Pengabdian …, Query date: 2024-12-06 05:53:56.

Fitri, M., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan media sosial berdasarkan gender terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan …, Query date: 2024-10-16 00:46:44. https://core.ac.uk/download/pdf/234134029.pdf

Iriani, A., Aini, Q., Maria, E., & Khoirunisa, A. (2022). Kekuatan Pendorong Utama di Balik Adopsi Pemasaran Digital oleh Startup. ADI Bisnis Digital …. https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/837

Lumiu, C., Pio, R., & Tatimu, V. (2019). Pengaruh karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan kompensasi terhadap loyalitas karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, Query date: 2024-06-18 02:43:02. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/25518

Meda, J., FoEh, J., & Niha, S. (2022). … Ketidakamanan Kerja, Iklim Organisasi dan Pengembangan Karir terhadap Loyalitas Karyawan yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Literature Review Manajemen …. Jurnal Ilmu Multidisplin, Query date: 2024-01-15 08:04:33. https://www.greenpub.org/JIM/article/view/50

Pratiwi, A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, Query date: 2024-03-14 01:48:24. http://www.ejournal.universitasmahendradatta.ac.id/index.php/satyagraha/article/view/179

Priyanto, E. (2022). Pengaruh Kompetensi, Komitmen, Kepuasan Terhadap Loyalitas Yang Berdampak Kepada Kinerja Account Officer Kredit Umkm Bank Bjb. Jurnal Akutansi Manajemen Ekonomi Kewirausahaan …, Query date: 2024-09-24 02:33:14. https://journal.fkpt.org/index.php/JAMEK/article/view/353

Putri, A., Hetami, A., Fourqoniah, F., & ... (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian …, Query date: 2024-03-14 02:02:03. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/451

Sunarjo, W., Ilmiani, A., & Nurhayati, S. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan dalam Mempertahankan Eksistensi UMKM Pekalongan di Masa Pandemi Covid-19 dan Era New Normal. Jurnal Manajemen Dan …, Query date: 2024-01-19 08:35:21. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/3413

Suryati, S. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor Bpkad “Badan …. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Query date: 2024-09-24 02:24:03. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/768

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Asy’ary, A. P. M., & Yusuf , Y. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UMKM VDI KOTA KENDARI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18508–18417. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40191

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.