ANTAGONISME JAMUR TRICHODERMA SP TERHADAP JAMUR FUSARIUM OXYSPORUM F.SP CUBENSE PADA BIBIT TANAMAN PISANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.52802Keywords:
Fusarium oxysporum f.sp cubense, Trichoderma, sp, penyakit layu FusariumAbstract
Penurunan produksi tanaman pisang dapat dipengaruhi oleh adanya serangan hama dan penyakit tanaman pisang. Kerugian yang ditimbulkan salah satunya adalah serangan organisme pengganggu tanaman (OPT). Layu fusarium merupakan penyakit penting pada berbagai jenis pisang dan salah satu penyakit yang sangat umum yang menyebabkan kehancuran pada tanaman pisang di daerah tropis maupun subtropis. Layu fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum f.sp. cubense (FOC). Pengendalian penyakit layu fusarium masih sulit dilakukan karena jamur mampu bertahan dalam waktu yang relatif lama di dakam tanah sebagai saprofit. Pengendalian penyakit dengan memanfaatkan mikroorganisme antagonis sangat tepat digunakan karena tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Mikroorganisme antagonis yang telah digunakan untuk mengendalikan penyakit layu Fusarium adalah jamur Trichoderma sp. Perlunya dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui waktu pemberian mikroorganisme antagonis yang efektif dan terbaik untuk mengendalikan penyakit layu fusarium pada tanaman pisang. Penelitian dilakukan di Laboratorium dan rumah kawat hama penyakit tumbuhan dan agen hayati Balai Perlindungan Tanaman Pangan Hortikultura ( BPTPH ) Jambi. Dalam penelitian digunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 5 ulangan yaitu : T0 = tanpa Trichoderma sp ( kontrol ), T1 = Trichoderma, sp diinokulasi bersama dengan Fusarium oxysporum f. Sp, cubense yaitu 10 hari sebelum transplanting dan = Trichoderma sp dinokulasi bersama dengan waktu transplantig. Data yang diperoleh dianalisis secara sidik ragam dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test ( DNMRT ) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Trichoderma sp dapat menekan serangan jamur Fusarium oxysporum f.sp cubense. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa saat muncul gejala pertama pada perlakuan T0 adalah 47.2 (Hsi), kemudian dikuti oleh perlakuan T2 yaitu 63.8 (Hsi) dan perlakuan T1 yaitu 86.2 (Hsi). Kemudian persentase diskolorisasi menunjukkan bahwa perlakuan T1 yaitu 3.5%, pada perlakuan T2 yaitu 12.7% dan perlakuan T0. adalah 33.9 % . Ketiga perlakuan memperlihatkan perbedaan yang nyata. Hal ini berarti bahwa perlakuan T2 yaitu waktu pemberian Fusarium oxysporum f.sp cubense 10 hari sebelum transplanting adalah lebih baik dan efektif untuk menekan jamur Fusarium oxysporum f.sp cubense pada bibit tanaman pisang.References
Abadi, A. 2005. Ilmu Penyakit Tumbuhan. Ilmu Penyakit Tumbuhan. Bayu Media Jakarta
Agrios, G. 2000. Ilmu Penyakit Tumbuhan. Gajah Mada University Press Jogyakarta.
https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/15_penyakit-layu-fusarium-pada-tanaman-pisang
Semangun, H. 2007. Penyakit-Penyakit Tanaman Hortikultura di Indonesia. Gajah Mada University Press Jogyakarta.
Sinaga, M. 2004. Dasar-dasar Ilmu Penyakit Tumbuhan. Penebaran Swadaya Jakarta.
Sunardjono, H.H, 2002. Budidaya Pisang dengan Bibit kultur jaringan. Penebar Swadaya Jakarta.
Hutabarat, Z. S., & Ekawarna, E. (2023). Development of Teaching Materials on Learning Economic Models to Improve Students’ Cognitive Achievement. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1204–1212. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1679
Hutabarat, Z. S., & Rosmiati, R. (2022). Analysis of Marketing Effect and Individual Modernity Its Influence on Consumption Behavior. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1972. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2854
Manik, Y. M., Rahim, A., Harman, H., Hutabarat, Z. S., Dacholfany, I., Yati, Y., Rizkiwati, B. Y., & Sembiring, B. (2023). Tracing Teacher Performance : Commitment and Work Motivation of Jambi Province Teachers. 15, 6437–6445. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3200
Meivanda, R. M., & Zuhri, S. (2024). Pemanfaatan media sosial Instagram dalam meningkatkan brand awareness pada akun@ photose. id. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 691–702.
Pratiwi, H., Hutabarat, Z. S., Nabila, R., Hevinosa, A. D., & Mauli, C. (2024). Multidisciplinary Sciences and Arts Blue Economic Beacon : Red And White Leads The Way Through Niche Diplomacy International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts. 3(1), 344–351.
Rahima, A., Zahar, E., Rahim, A., & Hutabarat, Z. S. (2023). Multidisciplinary Sciences and Arts How is Translation Learning Through the Application of the Cooperative-Contrastive Model ? International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts. 2(2), 252–259.
Riady, Y., & Hutabarat, Z. S. (2023). How is Economic Literacy and Consumptive Behavior? Through the Role of Student Learning Outcomes in Economic Education in Jambi Province (Issue Osc). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-290-3_18
Sembiring, B., Masni, H., Rahim, A., Zahar, E., & Hutabarat, Z. S. (2024). Multidisciplinary Sciences and Arts Analysis of the School Environment , Teacher Communication and Student Learning Motivation on the Influence of Student Learning Outcomes International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts. 3(3), 61–71.
Suratno, M., Saputra Hutabarat, Z., & Sari, N. (2018). The Development of Instructional Medium Based on E-learning in Taxation Subject at Economic Education Department, Jambi University. 147(Icsse 2017), 299–304. https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.67
Surono, Y., Simarmata, J., Riyadi, Y., Yati, Y., Pratiwi, H., & Hutabarat, Z. S. (2024). Looking at Financial Performance, Analysis of its Effect on Share Prices. International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts, 2(2), 260–265. https://doi.org/10.47709/ijmdsa.v2i2.3564
Zuhri Saputra Hutabarat, Y. A. (2018). the Effect of Motivation and Learning Effectiveness on Quality of Graduate Study Program Primary Teacher Education Fkip University of Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 222. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.104
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuza Defitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




