PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGRI 8 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39816Keywords:
Keterampilan Mengajar, Kinerja Guru, Mutu PendidikanAbstract
Pada penyusunan karya ini memiliki target penting dalam rangka di lembaga sekolah SMPN 8 Pekanbaru yang di dalamnya termuat mata pelajaran PAI yang perlu diketahui aspek keterkaitan keterampilan mengajar dan kinerja terhadap kualitas baik secara simultan maupun perseptual dengan menggunakan analisis SPSS versi 16. Metode kuantitatif Expost Facto, yang menganalisis data ordinal dengan Somer’s D dengan aplikasi SPSS 16. Sampel penelitian terdiri dari 10 guru PAI di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Langkah awal memastikan integritas data dari responden yang terlibat langsung dalam pengelolaan dan penyebaran kuesioner. Karya ini menghasilkan yaitu pertama, keterampilan mengajar berpengaruh signifikan terhadap kualitas pendidikan. Kedua, terdapat pengaruh simultan terhadap kualitas pendidikan. Dengan demikian, diharapkan pihak institusi dapat lebih memperhatikan pengembangan keterampilan mengajar dan peningkatan kinerja guru PAI agar kualitas pendidikan di sekolah tersebut dapat terus ditingkatkan. Fokus pada perbaikan kompetensi guru akan berkontribusi langsung pada peningkatan hasil belajar dan prestasi siswa.References
Aisha Artanti, Natasya Dwi Ramadhani, S. R. (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130–149.
Akbar Rafsanjani, Amelia Amelia, Maulidayani Maulidayani, Anggi Anggraini, & Laila Ali Tanjung. (2023). Pendekatan Sistem dalam Meningkatkan Pendidikan untuk Membangun Mutu Kualitas Pendidikan di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 168–181. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2498
Ali Siddik, Z., Patimah, S., Warisno, A., Hidayati Murtafiah, N., & Islam. (2024). Konsep Manajemen Perencanaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Journal on Education, 06(03), 16483–16492.
Anriyani, L., Yandri, H., & Kusayang, T. (2024). Analisis Dinamika Self Efficacy Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 55–72. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/assibyan/article/view/9862
Cahyati, B. S., Zahra, F. A., Naima, N., & Hasanah, N. (2024). Menjadi Generasi Maju dengan Memahami Demokrasi, Pancasila dan UUD 1945 Dalam Konteks Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 687–693.
Damayanti, N. (2019). Pentingnya Kerjasama bagi Peningkatan Mutu Pendidikan. Pendidikan, 1, 1–7.
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Edward, S. (2015). Total Quality Management In Education. IRCiSoD.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Faozan, A. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik, Diklat dan Partsipasi dalam Kelompok Kerja Guru. Penerbit A-Empat.
Fathoni, T. (2024a). Peran teori sosial Émile Durkheim dalam pengembangan pendidikan agama Islam (perspektif solidaritas sosial dan integrasi masyarakat). AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 1654–1668.
Fathoni, T. (2024b). The Concept of Indonesian Character Education: Emile Durkheim’s Perspective. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1).
Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi aksara.
Ferdinan, Rahman, A., & Pewangi, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam pada Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 13(3), 4031–4044.
Ferihana, F., & Rahmatullah, A. S. (2023). Pembentukan Adab Santri Berbasis Keteladanan Guru di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3627–3647.
Fransiska, J. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah. Penerbit Buku Literasiologi.
Hakim, S., Muhammad, M., & Saparudin, S. (2024). Implementasi Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan?: Riset Dan Konseptual, 8(3), 470. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1010
Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.
Hasanah, U. (2023). Manajemen Meningkatkan Mutu Madrasah Tsanawiyah Kesuma LKMD Namorambe Kabupaten Deli Serdang. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Hidayani, M., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2023). Akuntabilitas Kinerja Guru BK Konselor dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Klasikal Di Sekolah. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 331–339.
Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493
Kamaruddin, I., Sari, M. N., Abdurrahman, A., Istiqomah, I., Herman, H., & Andriani, N. (2024). Evaluasi Kinerja Guru: Model dan Metode dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 06(02), 11349–11358.
Kapitan, L. V, Leton, S. I., Tule, P., & Gaspersz, V. (2024). Hubungan Manajemen Mutu terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(2), 2346–2352. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1129
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Mardizal, J., Anggriawan, F., Al Haddar, G., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mashari, A., Tohir, A., & Farhana, H. (2019). Peran Guru Dalam Mengelola Kelas. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 5(3), 99–108.
Muqorrobin, S., Fathoni, T., & Asfahani, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Bubak Kawah Di Desa Morosari Ponorogo. AL-AUFA: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 38–54.
Mursidin, M., Nurjannah, S., & Faried, R. (2024). MELALUI PELATIHAN MICROTEACHING. Communnity Development Journal, 5(4), 7651–7656.
Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4613–4618.
Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Hasanah, U., & Nurmalasari, N. (2024). Evaluasi Mutu Pendidikan Menggunakan Pendekatan Teori Stufflebeam. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.352
Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan dalam pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1).
Pertiwi, G. R., Sari, L. Y., & Saherawan, D. (2024). Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin Provinsi Jambi. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 36–47.
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. 4(1), 19–32.
Pujoandika, R., & Sobandi, A. (2021). Dampak kinerja guru dan motivasi belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(1), 47–56.
Purnomo, S. A. (2020). Pengembangan Mutu Manajemen Lembaga Pendidikan Dalam Penerapan ISO 9001: 2008 Pada SMK Swasta Ma’arif NU 1 Ajibarang Provinsi Jawa Tengah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 124–146.
Qurtubi, A., Rukiyanto, B. A., & ... (2023). Pengembangan Metode Penilaian Kinerja Guru Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Review …, 6(4), 3051–3061. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22467%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/22467/15785
Rahman, D. A., Hidayat, D. A., & Sugiharti, I. (2023). Konsep Islam tentang Total Quality Management. Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN, 1(1), 109–147.
Rahmi, A., Syarifudin, E., & Suryapermana, N. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di STKIP Babunnajah Pandeglang Banten. Metakognisi, 5(2), 82–101.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.
Saâ, H. (2018). Manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan sumber daya manusia. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 183–204.
Safitri, D., Sos, S., & Pd, M. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.
Setiawan, H. R. (2024). Monograf Strategi Pembelajaran Langsung (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Siswa). umsu press.
Sirager, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Prenadamedia group.
Sirozi, M., & Lestari, E. A. (2024). Prinsip-Prinsip Perencanaan Pengembangan Mutu Guru Pendidikan Agama Islam. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 931–939. https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.920
Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Susanti, H., Abdullah, G., & Soedjono, S. (2024). Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 10(01), 1176–1185.
Syah, I. (2020). Kinerja Guru Bimbingan Konseling Islam di Sekolah. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 41–62.
Teri Andrian, E. (2024). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERAN GURU PAI DI SMP NEGERI 5 SEMPARUK TAHUN 2023-2024. HUMANITIS: Jurnal Humaniora, Sosial Dan Bisnis, 2(10), 1446–1451.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.
Vivi Afianti Sutrisna, S. H. R. (2024). OPTIMALISASI KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 45–60.
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif; upaya peningkatan prestasi belajar siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179–194.
Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi program merdeka belajar dan guru penggerak bagi guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50.
Windasari, W., & Yahya, M. Z. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Bangil. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 188–192.
Yuniarti, N. F., & Sirozi, M. (2024). Perencanaan Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 336–341. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.568
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




