MANAGERIAL INNOVATION DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34042Keywords:
Managerial Innovation, Service Quality, Simple Regression Analysis, Palu CityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi manajerial terhadap Kualitas Layanan di 3 kantor Kelurahan, terutama Kelurahan Duyu, Kelurahan Lolu Utara, dan kelurahan Petobo. Kelurahan-Kelurahan ini dipilih karena karakteristiknya yang unik dan mewakili tantangan yang dihadapi oleh banyak kelurahan di indonesia. Mereka Terletak di wilayah perkotaan dengan kepadatan penduduk tinggi, heterogenitas sosial yang kompleks, dan menghadapi tuntutan masyarakat yang meningkat terhadap layanan publik yang baik. Inovasi manajerial mencakup penerapan teknologi informasi, penyesuaian proses kerja, dan peningkatan kompetensi pegawai. Penelitian ini dilakukan di Kota Palu Sulawesi Tengah dengan jumlah responden 46 pegawai dari kelurahan staf pelaksana yang tidak menduduki jabatan struktural. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi pertanyaan terkait variabel inovasi manajerial dan kualitas layanan, Analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS untuk membantu menganalisis data, Inovasi Manajerial (X) berpengaruh terhadap Kualitas Layanan (Y) sebesar 53,0%. Sedangkan sisanya 47,0%. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi manajerial berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syarifah Inka Sari, Risnawati Risnawati, Yobert Kornelius, Harnida Wahyuni Adda, Mohammad Ega Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.