PENGARUH PERENCANAAN PROGRAM SEKOLAH TERHADAP PENCAPAIAN VISI DAN MISI DI SMAN 2 MENDOYO

Authors

  • I Komang Winata SMAN 2 Mendoyo, Jembrana, Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39679

Keywords:

Perencanaan Program Sekolah, Visi dan Misi, Evaluasi, SMAN 2 Mendoyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan program sekolah terhadap pencapaian visi dan misi di SMAN 2 Mendoyo. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tiga stakeholder utama, yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, Guru, dan Tata Usaha (Bagian Administrasi Sekolah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan melalui koordinasi bersama, pelaksanaan program dihadapkan pada beberapa tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan adaptasi kurikulum, sementara evaluasi rutin dilakukan untuk memastikan program berjalan sesuai target. Penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan fasilitas pendukung, pelatihan guru, dan implementasi sistem digitalisasi dalam pengelolaan administrasi untuk mendukung efektivitas program sekolah.

References

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).

Baidowi, A. (2024). Strategi Implementasi Visi dan Misi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 37–55.

Hafizin, H., & Herman, H. (2022). Merumuskan visi dan misi lembaga pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 99–110.

Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 146–153.

Lapaimalai, A. S., & Fanpada, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Matap. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 194–200.

Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (PSP) Terhadap Kinerja dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679–6685.

Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2021). Tingkat pemahaman kepala sekolah, guru, dan komite sekolah terhadap implementasi standar pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 38–53.

Rafid, R., & Tinus, A. (2019). Kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di sekolah menengah atas negeri 1 latambaga, kolaka. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 188–198.

Rifa’i, A. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 159–166.

Santika, I. G. N. (2017). Kepala sekolah dalam konsep kepemimpinan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Widya Accarya, 7(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukaningtyas, D. (2017). Pengembangan kapasitas manajemen sekolah dalam membangun pemahaman visi dan misi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 257–266.

Yunus, A. A. S. P., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625–3635.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Winata, I. K. . (2024). PENGARUH PERENCANAAN PROGRAM SEKOLAH TERHADAP PENCAPAIAN VISI DAN MISI DI SMAN 2 MENDOYO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18196–18201. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39679

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.