INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KALILANGKAP

Authors

  • Istifa Ayuning Lazuardy Universitas Islam Negeri K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fauzi Fauzi Universitas Islam Negeri K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39264

Keywords:

Internalisasi, Pendidikan Karakter, Madrasah Diniyah

Abstract

Ditengah perkembangan zaman yang kian esktrim, nilai-nilai karakter yang diajarkan pada anak di sekolah rupanya kurang diserap dan dipraktikan dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya kasus kekerasan maupun bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Bentuk bullying ini kian taun kian banyak, dari yang awalnya hanya verbal hingga berujung ke fisik. Ditengah persoalan dalam dunia pendidikan, madrasah diniyah hadir untuk melengkapi dan juga memperkuat ajaran agama sekaligus penguatan karakter yang kurang maksimal diajarkan di sekolah formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu nilai karakter apa saja yang dihasilkan di madrasah diniyah dan dengan apa nilai-nilai karakter tersebut diinternalisasikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah yaitu nilai- nilai karakter yang diajarkan dimasukkan kedalam kegiatan sekolah seperti sholat berjamaah, metode menghafal, dan juga keteladanan dari guru madrasah.

References

Agustina, R. D., & Khairunisa, S. (2020). Budaya Sekolah Menghafal Perkalian dan Membaca Buku Non Pelajaran Sebagai Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar Rodhiyah. Jurnal Pendidikan Modern, 5(3), 121–126.

Ali, N. (2020). Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Hafalan. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 136–144.

Amin, F. (2021). Pembentukan Karakter Religius Pada Siswa Minu Hidayatun Najah Tuban Melalui Sholat Berjamaah. PREMIERE?: Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 54–61. https://doi.org/10.51675/jp.v3i2.190

Anshar, M., & Muhid, A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Madrasah: Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Nurul Musholla Sampang. KABILAH?: Journal of Social Community, 5(1), 32–43. https://doi.org/10.35127/kbl.v5i1.3899

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Faiz, A. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 5(4), 1766–1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014

Irawan, K. A., Ahyani, H., Jafari, A., & Rofik, A. (2021). Peran Madrasah Diniyah An-Nur dalam Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 52–65.

Kamalludin, W., Ganeswara, G. M., & Fakhrudin. (2020). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Siswa Pada Kegiatan Menghafal Al-Qur’an di Sekolah Dasar Sedunia. Journal TA’LIMUNA, 9(2), 101–114. https://doi.org/10.32478/talimuna.v9i2.462

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 38.

Maemonah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 505–511. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.445

Makrupah, S. (2021). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI. Edu-Religia:Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.51729/6134

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Pramono, W., & Dwiyanti Hanandini. (2022). TINDAK KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SEKOLAH: Bentuk dan Aktor Pelaku. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.55850/simbol.v1i1.6

Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah?: Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10, 24–30.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sugiyatno. (2010). Kekerasan Di Sekolah Bagian Masalah Pendidikan Sosial- Emosional. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 09, 29–42.

Sulisrudatin, N. (2015). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Suyoto, S. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu. Cakrawala Pendidikan, 223–232. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/semarayana/article/view/29%0Ahttps://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/semarayana/article/download/29/27

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitaif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Yumni, A. (2019). KETELADANAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERAPLIKASIKAN. Nizhamiyah, IX(1), 1–9.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Lazuardy, I. A., & Fauzi, F. (2024). INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KALILANGKAP . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18560–18564. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39264

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)