STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM:TINJAUAN PUSTAKA TERHADAP TANTANGAN DAN SOLUSI DI ERA DIGITAL

Authors

  • Anna Lestarina Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39023

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Kualitas Guru, Era Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan kualitas guru dalam pendidikan Islam di era digital, dengan fokus pada tantangan dan solusi yang dihadapi oleh guru-guru di lingkungan madrasah dan sekolah Islam. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan keterampilan digital, minimnya akses terhadap infrastruktur teknologi, dan kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai keislaman. Kajian pustaka ini menggunakan metode studi literatur, dengan menganalisis berbagai jurnal, buku, dan artikel penelitian yang relevan dalam rentang lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan teknologi guru, pengembangan kurikulum yang berbasis teknologi, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam penggunaan teknologi merupakan solusi utama dalam menghadapi tantangan tersebut. Selain itu, dukungan dari pemerintah dan lembaga pendidikan sangat penting untuk memperkuat infrastruktur teknologi di sekolah-sekolah Islam, terutama di daerah pedesaan. Kesimpulannya, pengembangan kualitas guru di era digital harus mencakup aspek peningkatan keterampilan digital, tanpa mengabaikan esensi pendidikan Islam, dan memerlukan kolaborasi berbagai pihak untuk mencapai keberhasilan yang optimal

References

Ahmad, R. (2020). Pengembangan Kualitas Guru di Era Digital: Tantangan dan Solusi.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fauziah, N. (2018). Teknologi dalam Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 35(2), 215-228.

Hakim, A. (2019). Peran Guru dalam Pendidikan Islam di Era Modern. Yogyakarta: Pustaka Islam.

Muhaimin. (2021). Manajemen Pendidikan Islam: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Rachman, H. (2020). Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital. Jakarta: UIN Syarif

Hidayatullah Press.

Supriyadi, B. (2019). Pengembangan Kompetensi Digital Guru di Madrasah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 42(3), 145-160.

Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Los Angeles: SAGE Publications.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2018). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: SAGE Publications.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Ahmad, R. (2020). Pengembangan Kualitas Guru di Era Digital: Tantangan dan Solusi.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fauziah, N. (2018). Teknologi dalam Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 35(2), 215-228.

Hakim, A. (2019). Peran Guru dalam Pendidikan Islam di Era Modern. Yogyakarta: Pustaka Islam.

Nasrul, A. (2020). Akses Teknologi dalam Pendidikan Islam di Pedesaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 42(4), 245-255.

Supriyadi, B. (2019). Pengembangan Kompetensi Digital Guru di Madrasah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 42(3), 145-160.

Zainal, F. (2021). Implementasi Teknologi dalam Pendidikan Islam. Surabaya: UIN Press

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Lestarina, A. . (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM:TINJAUAN PUSTAKA TERHADAP TANTANGAN DAN SOLUSI DI ERA DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17532–17538. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39023

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.