PROFESIOANALISME GURU DALAM MENKONSTRUKSI KURIKULUM DAN SILABUS PEMBELAJARAN

Authors

  • Bahosin Sihombing Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Riau Indonesia
  • Amril M Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Riau Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38929

Keywords:

Guru Profesional, Kurikulum, Silabus

Abstract

Articel ini bertujuan untuk menganalisis secara konseptual profesioanalisme guru dalam menkonstruksi kurikulum dan silabus pembelajaran. Penelitian ini perlu dilakukan karena di satu sisi, seorang guru harus profesional dalam menkonstruksikan kurikulum dan silabus dalam pembelajaran. Selain itu, seorang guru juga perlu menyusun kembali kurikulum dan silabus yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun bentuk penyusunan kurikulum sebagai berikut: 1). Prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan. 2) Prinsip berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan. 3) Prinsip berkenaan dengan pemilihan proses belajar mengajar. 4). Prinsip berkenaan dengan pemilihan kegiatan penilaian. Dan pengembangan kurikulum menjadi enam landasan yakni: Asas religius, yuridis filosofis, sosiologis, psikologis dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam menkonstruksi kurikulum guru sebagai implementers, guru sebagai developers dan guru sebagai peneliti. Prinsip pengembangan silabus, dalam tinjauan Trianto antara lain mencakup: (a) Ilmiah, (b) relevan, (c) sistematis, (d) konsisten, (e) memadai, (f) aktual dan kontektual, (g) flekibel, dan (h) menyeluruh. Langkah selanjutnya adalah penyususnan silabus: (a) sekolah dan komite sekolah (b) kelompok sekolah (c) dinas pendidikan. Peran guru dalam manajemen pembelajaran, guru sebagai fasilitator, guru sebagai manajer,  guru sebagai admistrator dan guru sebagai motivator.

References

Ahmad Janan Asifuddin, “Mengungkit Pilar-pilar Pendidikan Islam,” (Jogjakarta ; SUKA Press, (2010)’

Bloom, Benjamin S, “Human Characteristics and School Learning,” New York: McGraw-Hill Company, (1996)

Burhan Nurgiyantoro, “Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah,” (Yogyakarta: BPFEYogyakarta, (1988)

Capel, S. ‘Responsibilities of subject mentors, professional mentors and link tutors in secondary physical education initial teacher education’, Mentoring and Tutoring: Partnership in Learning, 11(2), pp. doi: 10.1080/13611260306857. (2003).

Chatelier, S. and Rudolph, S. ‘Teacher responsibility: shifting care from student to (professional) self?’, British Journal of Sociology of Education. Routledge, 39(1), pp. doi: 10.1080/01425692.2017.1291328. (2018).

Darmadi, H. ‘Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional’, Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), pp, (2016).

Hidayat, R. &. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, (2017).

http://geo.fis.unesa.ac.id/web/index.php/en/kajian-kurikulum/108-landasan-kurikulum di akses tanggal 1 Oktober (2024)

Ida Ermiana. “Curriculum Construction”. Universitas Matararam (2021)

Inom Nasution. “Peran Profesional Guru Sebagai Pengembang Kurikulum.” Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 11/NO: 01 Februari (2022)

Majid, A., “Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.” Jakarta: Remaja Rosda Karya, (2008).

Muhaimin, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,” (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, (2005)

Nasution, “Asas-asas Kurikulum”, ( Jakarta: Bumi Aksara, (2011)

Rahmat Raharjo, “Pengembangan dan Inovasi Kurikulum,” (Yogyakarta: Baituna Publishing, (2012)

Rosyada, Dede, “Paradigma Pendidikan Demokratis,” Cet.I, Jakarta : Kencana, (2004)

Rusman. “Manajemen Kurikulum.” Jakarta: Rajawali Perss. (2009)

Sanjaya, Wina, “Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi,” Cet.II, Jakarta: Kencana, (2006)

Sanjaya, Wina. “Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP).” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, (2008)

Sholeh Hidayat, “Pengembangan Kurikulum Baru,” (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, (2013)

St. Marwiyah. “Kompetensi Profesionalisme Guru dan Peranannya dalam Mengimplementasikan Kurikulum.” Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No. 2, Mei (2019)

Sudjana, Nana. “Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.” Bandung: Sinar Baru. (2000)

Suparlan, “Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum & Materi Pembelajaran,” (Jakarta: Bumi Aksara), (2020)

Syarifah Widya Ulfa, Ade Suryani Nasution. “Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol.2, No.4 Oktober (2024)

Trianto, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, (2010).

Trianto, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, (2010).

Trianto,“Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, (2010).

Undang-Undang No. 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2013)

Usman, Moh. Uzer . “Menjadi Guru yang Profesional.” Edisi kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya. (2004)

Zais, Robert S, “Curriculum Principles and Foundations,” New York: Harper & Row Publisher, (1996)

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Sihombing, B. ., & M, A. . (2024). PROFESIOANALISME GURU DALAM MENKONSTRUKSI KURIKULUM DAN SILABUS PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17429–17438. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38929

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.