PEMANFAATAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38677Keywords:
Virtual Reality, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode yang digunakan adalah studi pustaka, dengan menelaah berbagai literatur ilmiah terkait implementasi VR dalam pendidikan dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis. Pendidikan PAI sering menghadapi tantangan dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan memicu refleksi mendalam, sementara VR menawarkan pengalaman belajar imersif yang dapat mengatasi keterbatasan metode konvensional. Hasil kajian menunjukkan bahwa VR dapat menciptakan simulasi lingkungan belajar yang kompleks dan kontekstual, memungkinkan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengambil keputusan etis dalam situasi keagamaan yang relevan. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi VR dalam pembelajaran PAI dapat menjadi strategi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis pemikiran kritis. Penelitian ini juga menyoroti tantangan implementasi, seperti biaya teknologi dan kebutuhan pengembangan konten yang relevan secara pedagogis dan substansial.References
Ahmadi, A., & Prasetyo, J. T. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Firmansyah, H. (2020). Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, M., & Rahman, S. (2023). Inovasi Teknologi dalam Pendidikan Keagamaan. Kencana Prenada Media Group.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (2020). Naturalistic Inquiry. Sage Publications.
Mohajan, H. K. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23–48.
Nasir, A., & Wijaya, H. (2022). Virtual Reality dalam Pendidikan Keagamaan. Universitas Indonesia Press.
Nasir, A. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Pembelajaran. Universitas Indonesia Press.
Nugroho, A., & Suparno. (2022). Virtual Reality dalam Pendidikan: Transformasi Paradigma Pembelajaran. Universitas Indonesia Press.
Patton, M. Q. (2019). Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Pratama, H., & Kurniawan, D. (2022). Virtual Reality dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 201–215.
Purnomo, H. (2022). Menjawab Tantangan Era Digital Menuju Society 5.0. kemenagnganjuk.id.
Rizal, M., & Hidayat, R. (2023). Inovasi Teknologi Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Rizki, A., & Maulana, H. (2022). Virtual Reality dan Transformasi Pendidikan Agama. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 201–215.
Setiawan, B., & Wiranti, P. (2021). nalisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 16(2), 112–129.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Wahyudi, R., & Sari, P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Keagamaan, 15(2), 112–129.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Husnul Khotima, Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah, Satria Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.