PERAN MARKETPLACE FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI DENPASAR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38582Keywords:
Facebook, Marketplace, PenjualanAbstract
Marketplace merupakan platform yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk berinteraksi dalam satu tempat. Salah satu manfaat utama dari marketplace Facebook adalah kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran marketplace Facebook dalam meningkatkan penjualan UMKM di Denpasar Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM yang aktif marketplace Facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang dikumpulkan melalui wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran siginifikan marketplace Facebook dalam meningkatkan penjualan UMKM di Denpasar Selatan telah meningkatkan keterlibatan antara pengusaha UMKM dan pelanggan, sehingga memungkinkan interaksi yang lebih langsung dan responsif. Selain itu, penggunaan Facebook sebagai alat pemasaran terbukti efektif, dengan kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan metode tradisional.References
Aaker, D. A. (2012). Building strong brands. Simon and Schuster.
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative research journal, 9(2), 27–40.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American journal of theoretical and applied statistics, 5(1), 1–4.
Gummesson, E. (2002). Relationship marketing in the new economy. Journal of Relationship Marketing, 1(1), 37–57. https://doi.org/10.1300/J366v01n01_04
Hootsuite (We are Social): Indonesian digital report. (2021). [Post]. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/
Kirity, K. (2023). The influence of social media on consumer behavior and its implications for marketing management. 4(12).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson.
Kvale, S. (2009). Interviews: Learning the craft of qualitative research interviewing. Sage.
Laroche, M., Habibi, M. R., & Richard, M.-O. (2013). To be or not to be in social media: How brand loyalty is affected by social media? International journal of information management, 33(1), 76–82.
Liu, Y., & Wang, X. (2024). Express: The impact of physicians’ short video posts on consumers’ virtual visits. Journal of Interactive Marketing, 10949968241266602. https://doi.org/10.1177/10949968241266602
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20–38. https://doi.org/10.1177/002224299405800302
Morissan, M. (2014). Media sosial dan partisipasi sosial di kalangan generasi muda. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 50–68.
Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of small business and enterprise development, 22(4), 633–651.
Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan strategi digital marketing communication bagi industri perhotelan dalam menjawab tantangan era Posmodern. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 051–064.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sahri Aflah Ramadiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.