ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN DYNAMIC PRICING DI PASAR GLOBAL TERHADAP SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22440Keywords:
Dynamic Pricing, Pasar Global, Platform Shopee, Tanggal Kembar ShoopeAbstract
Di era e-commerce yang sangat kompetitif, dynamic pricing menjadi strategi penting bagi perusahaan seperti Shopee untuk menyesuaikan harga produk secara real-time berdasarkan perubahan permintaan pasar, persaingan, biaya operasional, dan preferensi pelanggan. Strategi ini memungkinkan peningkatan penjualan dengan menawarkan harga yang kompetitif, menarik, dan sesuai dengan nilai produk. Dalam konteks e-commerce global seperti Shopee, dynamic pricing memberikan akses ke pasar yang lebih luas dengan potensi transaksi lintas negara. Penelitian ini mendalami strategi dynamic pricing dalam konteks e-commerce global, dengan fokus pada platform Shopee. Dynamic pricing memungkinkan penyesuaian harga produk secara real-time berdasarkan faktor pasar, persaingan, dan preferensi pelanggan. Kajian teori penetapan harga dan perilaku konsumen memberikan kerangka kerja analitis yang esensial. Shopee sebagai pemimpin e-commerce global menggunakan dynamic pricing untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, terlihat dalam strategi promosi seperti event tanggal kembar. Meskipun memberikan manfaat signifikan, penggunaan dynamic pricing juga menimbulkan isu etika dan dampak pada perilaku konsumen. Penting bagi Shopee dan perusahaan sejenis untuk mengelola strategi dynamic pricing dengan bijak, memahami teori perilaku konsumen, dan menjaga transparansi untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan.References
Anggi Prawi Sitorus. (2022). Mekanisme Penetapan Harga (Price) Dan Kebijakan Penentuan Keuntungan (Profit) Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Attanmiyah?: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1).
Netamala, Y. (2021). METODE PENELITIAN LITERATURE REVIEW JURNAL. https://www.researchgate.net/publication/351299736
Neubert, M. (2022). A Systematic Literature Review of Dynamic Pricing Strategies. International Business Research, 15(4), 1. https://doi.org/10.5539/ibr.v15n4p1
Purwanto, Harahap, D. A., Amanah, D., & Gunarto, M. (2021). PENGARUH DYNAMIC PRICING AND DYNAMIC BUNDLING TERHADAP PERSEPSI KETIDAKADILAN HARGA DAN KEPUASAN KONSUMEN. Journal of Applied Business Adminstration.
Soei, C. N., Sabijono, H., & Runtu, T. (2014). Penentuan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Pada UD. Sinar Sakti. Jurnal EMBA, 2(3).
Yin, C., & Han, J. (2021). Dynamic pricing model of E-commerce platforms based on deep reinforcement learning. CMES - Computer Modeling in Engineering and Sciences, 127(1), 291–307. https://doi.org/10.32604/cmes.2021.014347
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bambang Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.