IMPLEMENTASI DAKWAH DAN JIHAD PERSPEKTIF HADROTUSSYAIKH K.H. M. HASYIM ASY’ARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38458Keywords:
Implementasi, Dakwah, Jihad, dan Hadrotussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ariAbstract
Berbagai konsep dakwah dan jihad di zaman modern seringkali menyesatkan banyak orang dalam pelaksanaannya. Peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam tentang implementasi dakwah dan jihad dari perspektif Hadrotussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari, yang dipilih karena beliau adalah seorang cendekiawan internasional dan Pahlawan Nasional Indonesia. Penelitian ini memiliki lima fokus, yaitu konsep dakwah, konsep jihad, model implementasi dakwah, serta fatwa-fatwa Hadrotussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari. Metode yang digunakan mencakup tiga pendekatan: filosofis, historis, dan interpretatif. Pendekatan filosofis bertujuan untuk menganalisis secara mendasar guna mencapai kesimpulan universal, sedangkan pendekatan historis berfokus pada pengkajian sumber-sumber lain yang memuat informasi masa lalu terkait implementasi dakwah dan jihad. Pendekatan interpretatif menganalisis realitas sosial seputar implementasi dakwah dan jihad beliau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dakwah dan jihad menurut Hadrotussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadis Nabi Muhammad SAW, serta beliau mendefinisikan dakwah dan jihad tanpa menghubungkan keduanya.References
A. Jauhar Fuad, “Akar Sejarah Moderasi Islam Pada Nahdlatul Ulama”, Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol.31, No.1, Januari 2020.
Ahmad Baso, K Ng H. Agus Sunyoto, Rizal Mummaziq, “KH. Hasyim Asy’ari Pengabdian Seorang Kyai Untuk Negeri”, Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktur Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017.
Ahmad Baso, K Ng H. Agus Sunyoto, Rizal Mummaziq, “KH. Hasyim Asy’ari Pengabdian Seorang Kyai Untuk Negeri”, Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktur Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017.
al-Qur’an, ali ‘Imron: [4]: 104, terj., Departemen Agama RI, ed.3, Jakarta: Departemen Agama, 2019.
Awaludin Pimay, Fania Mutiara Savitri, “Dinamika Dakwah Islam di Era Modern”, Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 41, No. 1, Juni 2021.
Brillianing Pratiwi, Kusnindyah Puspito Hapsari, “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 4. No.2 2020.
Drs.Maimun Yusuf, M.Ag., “Dakwah Dalam Perspektif Klasik Dan Kontemporer”, Jurnal at-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, Vol.5, No.2, Desember 2022.
Elvi Filaemi, “Hakikat Manajemen Dakwah”, Journal of Islamic Social and Communication, Vol.1, No.2, 9 Agustus 2021.
Ermis Suryana, Ayu Lestari, Kasinyo Harto, “Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasi Dalam Pembelajaran”, Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Vol.8, No.3, Agustus 2022.
Fakturmen, Muhammad Zaenul Arif, “Pengaruh KH. Hasyim Asy’ari Dalam Membangun Serta Menjaga Nusantara dan Kemaslahatan Islam Dunia”, Jurnal Kajian Interdisipliner Islam Indonesia, Vol. 10, No. 1, 2020.
Hadrotussyaikh K.H. M. Hasyim Asy’ari, “at-Tanbiihaatu al-Waajibaatu Li Man Yashna’u al-Maulida Bi al-Munkaraati”, Jombang: Percetakan Tebuireng, 1998.
Hadrotussyaikh K.H. M. Hasyim Asy’ari, “Muqoddimatu Qaanuuni al-Asaasii Li Jam’iyyati Nahdlati al-‘Ulamaai ”, Jombang: Percetakan Tebuireng, 1998.
Hadrotussyaikh K.H.M. Hasyim Asy’ari, “Mawaa’idzun”, Jombang: Percetakan Tebuireng, 1998.
im Penanggulangan Terorisme Melalui Pendekatan Ajaran Agama, Meluruskan Makna Jihad Mencegah Terorisme, Bogor: Departemen Agama RI, 2009.
Ira Trisnawati, Finsa Adhi Pratama, “Memahami Agama Islam Melalui Pendekatan Filosofis”, Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 9, No. 1, (Juli 2023), 160.
Kartini, Putri Maharini, Raimah, Silva Lestari Hasibuan, Mickael Halomoan Harahap, Armila, “Pendekatan Historis dan Pendekatan Filososfis Dalam Studi Islam”, Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol. 2, No.3, Mei 2023.
KEPPRESRI No.294, Tahun 1964.
Lubis, Y. W. (2024). Pembentukan Karakter Unggul: Analisis Optimalisasi Pendidikan Melalui Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Di MAN 2 Deli Serdang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 274-282. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.554
Lubis, Y., & Ritonga, A. (2023). Mobilization School Program: Implementation of Islamic Religious Education Teacher Preparation in Elementary Schools. Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.632
M. Alamil Huda, Miftahul Khoiri, Nur Anwar, “Dinamika Pendidikan Di Pesantren Tebuireng Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Jombang 1948-1975 M”, Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, Vol. 9, No. 2, Desember 2021.
Milya Sari, Asmendri, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA”, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, Vol. 6, No. 1, 2020.
Mohamad Anwar Thalib, “Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif untuk Riset Akuntansi Budaya”, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 2, No. 1, Juni 2021.
Muh Shofi al Mubarok, “Dakwah dan Jihad Dalam Islam: Studi Atas Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari”, Jurnal Studi Islam, Vol. 16, No. 02, Desember 2015.
Muhammad Rijal Fadli, Ajat Sudrajat, “Keislaman dan Kebangsaan: Telaah Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari”, Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, Vol. 18, No. 1, 2020.
Mujtahidin, M. Luthfi Oktarianto, “Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 9, No.1, Mei 2022.
Muliaty Amin, Metodologi Dakwah, Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Nadhif Ikbar Wibowo, Andika Maulana, Hamzah Muhammad, Nur Aini Rakhmawati, “Perbandingan Algoritma Klasifikasi Sentimen Twitter Terhadap Insiden Kebocoran Data Tokopedia”, Jurnal Informatika Sunan Kalijaga, Vol.6, No. 2, 2021.
Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rakesarasin, 1996.
Putri Khoir Iffah, “Pemahaman Jihad dan Patriotisme Bagi Generasi Milenial Menurut Perspektif al-Qur’an”, Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 10, No.10 September 2020.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Salamudin Ubaedilah, “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kitab al-Akhlak Lil Banin dan Implikasinya Terhadap Interaksi Murid dan Guru (Kajian Ilmu Pendidikan Islam), Jurnal Masagi, Vol. 01, No. 01, 2022.
Suriati,” Jihad dan Dakwah”, Jurnal Mimbar, Vol. 1, No. 1, 2019.
Vevi Alfi Maghfiroh, “Diskursus Radha’ah dan Hadhanah Berspektif Gender”, Jurnal Equalita, Vol. 2, No. 2, Desember 2020.
Yani Sukriah, Muhammad Darwis, Riski Baroroh, Wulan Andriyani, “Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempauan”, Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, Vol. 2, No. 1, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Wafil Ubab

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.