PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS PADA GURU TAMAN KANAK -KANAK DI KECAMATAN PERIUK)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38451Keywords:
Pengembangan Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi, Motivasi dan Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian guna menganalisis pengaruh pengembangan sumber daya manusia, budaya organisasi, dan motivasi terhadap kinerja guru Taman Kanak - kanak di Kecamatan Periuk. Penelitian berjenis kuantitatif melalui pendekatan survei, berupa data primer diperoleh dari kuesioner berbasis skala likert. Populasi melibatkan seluruh guru TK sebanyak 110 orang menggunakan sampling jenuh. Analisis data dengan perangkat lunak SPSS versi 26.Hasil menunjukkan pengembangan sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Thitung 3,215 > nilai Ttabel 1,981 dan nilai signifikan 0,002 < 0,05, Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Thitung 3,462 > nilai Ttabel 1,981 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. motivasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Thitung 2,960 > nilai Ttabel 1,981 dan nilai signifikan 0,004 < 0,05, serta variabel pengembangan sumber daya manusia, budaya organisasi, dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. hal ini ditunjukkan Fhitung > Ftable yaitu 59,475 > 2,69 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.References
Agustina, A., & Maulana, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada MTSN dI Kecamatan Bontotiro Kabuapten Bulukumba. Jurnal Idaarah, IV (1).
Evelin, F., Kristanty, N., & Christie, K. (2018). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru TK-SD Pada Yayasan Pendidikan Penuai Bangsa Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, Volume 4 Nomor 1
Furinda, G., & Ratnawati, S. (2021). Pengembangan kemampuan sumber daya manusia yang kompeten guna meningkatkan kualitas kinerja guru. journal.feb.unmul 18(1)
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halimahturrafiah, N., Marsidin, S., Anisah, & Rifma. (2023). The Influence of Teacher Competence and Work Motivation on the Performance of State High School Teachers. Journal of Education Research and Evaluation, 7(3)
Hasibuan, S. (2022). The Effect of Organizational Culture, Principal Leadership and Motivation on Teacher Performance in Madrasah. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1),
Hastuti, A. P., & Utomo, S. T. (2022). Total Quality Management and Learning Organization for Early Childhood Education at PAUD ELPIST Temanggung. Journal of Childhood Development, 2(1),
Marcel, I., & Samuel, E. (2020, October 29). Enhancing Teachers’ Job Performance through Effective Human Resource Development Practices in Public Secondary Schools in Rivers State, Nigeria. Proceedings of ?The 2nd International Conference on New Trends in Teaching and Education.
Mulang, H. (2021). The Effect of Competences, Work Motivation, Learning Environment on Human Resource Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2)
Narullita, N., Fitria, H., & Mulyadi, M. (2022). The Influence of Principal’s Leadership Style and Organizational Culture on Teacher Performance. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 7(2)
Royani, I. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Guru DI SMK Plus Desa Nusantara (PDN) abupaten Sanggau. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2).
Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititaif dan R&D Bandung: CV ALFABETA.
Sumarni, T., & Riyadi, S. (2023). Pengaruh Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Guru di SMK Kemala Bhayangkari 1 Waru Sidoarjo Melalui Mediasi Displin Kerja. In Soetomo Business Review (Vol. 4).
Tahnia, A., Fitria, H., & Wahidy, A. (2021). The influence of organization culture on teacher performance of elementary school. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2)
Wirawan, Aziizah Deasy, & Thalib, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada SMA Negeri Ter-Akreditasi A di Kota Depok). Jurnal Ilmiah Ekbank, 1
Yuniarti, D., & Lingga, L. (2019). The Effect of Human Resource Training and Development on Improving Teacher Performance at Muntok 1 Vocational School. Efektor, 6(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erinawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.