KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR BALAI PENYULUHAN KB KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38044Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, EfektivitasAbstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di UPT SDN Unggulan Bontomanai maka dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana efektivitas, faktor pendukung, faktor penghambat dan Solusi implementasi kurikulum Merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di UPT SDN Unggulan Bontomanai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas II UPT SDN Unggulan Bontomanai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di UPT SDN Unggulan Bontomanai sudah efektif. Adapun faktor pendukung yaitu bimbingan guru atau pendidik, peserta didik itu sendiri, orang tua peserta didik dan bahan ajar atau media pembelajaran yang menunjang, sedangkan yang menjadi faktor penghambat ialah tidak semua peserta didik bisa tertib pada saat pembelajaran sehingga hal demikian sudah dipastikan mengganggu peserta didik yang lain. guru harus memberikan pemahaman dan bimbingan kepada peserta tentang pentingnya pembelajaran bahasa indonesia dan ketertiban dalam pelaksanaan pembelajaran ini, maka secara perlahan peserta didik akan mengerti. Adapun dampaknya yaitu berdampak positif baik kepada guru maupun peserta didik.References
Dahmiri, D., & Suzana, V. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi). Jurnal Manaejemen Terapan dan Keuangan, 5(3),176.
Ghozali, imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husein, U. (2015). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Kedua). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Irawan, D., & Japarianto, E. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra, 1(2), 1–8.
Kotler, P., & Keller, K. (2014). Manajemen Pemasaran (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Palijama, Fientje (2021). The Effect of Public Service Quality on Community Satisfaction in Districts of Gorom Island, Eastern Seram. International Journal of Business, Technology, and Organizational Behavior, 1 (3), 189-201.
Sahri, Novira. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Desa Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Siregar, Sofyan. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudari, Suci Ayu, Arun Kumar Tarofder, Ali Khatibi, Jacquline Tham. (2019). Measuring the Critical Effect of Marketing Mix on Customer Loyalty through Customer Satisfaction in Food and Beverage Products. Management Science Letters, 9(9):1385–96.
Sudari, Suci Ayu, Pambreni, Yuni, Eni, Aida Nur (2022). The Influence Of Service Quality On Community Satisfaction In The Development Of Population Administration. Neo Journal of Economy and Social Humanitities, 1(4), 231-236.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality & Customer Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




