MASA KEMUNDURAN PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS SEJARAH DAN FAKTOR SOSIAL-POLITIK YANG BERPENGARUH

Authors

  • Putra Yupande Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Windy Shafira Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Winda Astuti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ramedlon Ramedlon Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Alfauzan Amin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37753

Keywords:

Pendidikan Islam, Kemunduran, Faktor Sosial-Politik, Sejarah, Revitalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran pendidikan Islam pada abad ke-19 dan seterusnya, serta menggambarkan profil pendidikan Islam pada masa kemunduran tersebut. Fokus utama penelitian ini adalah faktor sejarah, sosial, dan politik yang berperan dalam penurunan kualitas dan relevansi pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunduran pendidikan Islam disebabkan oleh perpecahan politik internal dunia Islam, pengaruh kebijakan kolonialisme yang mengutamakan pendidikan Barat, serta transisi pasca-kolonial yang kurang mendukung lembaga pendidikan Islam. Akibatnya, lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti pesantren dan madrasah kehilangan relevansi dan peran mereka dalam menghasilkan generasi yang berilmu dan berakhlak mulia. Pembelajaran agama lebih terisolasi dari perkembangan ilmu pengetahuan modern, sehingga menghambat kemajuan sosial, ekonomi, dan budaya umat Islam. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya reformasi pendidikan Islam yang mengintegrasikan ilmu agama dengan sains dan teknologi, serta dukungan lebih besar dari pemerintah untuk revitalisasi lembaga pendidikan Islam agar mampu bersaing dalam era globalisasi dan teknologi modern. 

References

Allawi, A. A. (2010). The Crisis of Islamic Civilization. London: Yale University Press.

Arief, M. I. (2022). Islam dan Peradaban Dunia: Pendekatan Historis sebagai Sudut Pandang Mengkaji Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya. Available at: https://maryamsejahtera.com

Dawam, A. (2012). Islam dan Tantangan Globalisasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Denny, J. A. (2019). NKRI Bersyariah atau Ruang Publik yang Manusiawi? Tanggapan 21 Pakar Terhadap Gagasan Denny J A (S. Arismunandar Ed.). Jakarta: Cerah Budaya Indonesia.

Harahap. (2014). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasan, Z., & Nurhayati, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Pesantren. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 45-56.

Kuru, A. T. (2020). Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Lyadi, M., & Roza, E. (2023). Pengaruh Dinasti Fatimiyah terhadap Perkembangan Peradaban Islam di Mesir. Innovative: Journal of Social Science Research. Available at: https://j-innovative.org

Maarif, A. S. (2018). Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam. Jakarta: Bentang Pustaka.

Mindani, M., Ismail, I., Purwanto, R., Hidayat, S., Nadia, R., & Khadafi, M. (2024). Kemunduran Peradaban Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), pp.162-169. Available at: http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Milya Sari. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 43-45.

Rahman, A., & Hakim, A. (2019). Integrasi Ilmu Agama dan Pengetahuan Modern dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran Islam, 7(3), 89-101.

Rizem, A. (2021). Revitalisasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 123-135.

Sihilun, A. N. (2010). Pemikiran Kalam Teologi Islam, Sejarah Ajaran dan Perkembangannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudarji, S. (2020). Moderasi Islam: Untuk Peradaban dan Kemanusiaan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan. Available at: https://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/11

Sulaiman, M., & Yusuf, A. (2022). Peran Kerjasama Antarlembaga dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Islam, 9(1), 67-80.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Yupande, P., Shafira, W., Astuti, W., Ramedlon, R., & Amin, A. (2024). MASA KEMUNDURAN PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS SEJARAH DAN FAKTOR SOSIAL-POLITIK YANG BERPENGARUH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18488–18492. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37753

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.