PERAN BANI UMAYYAH DALAM PEMBENTUKAN TRADISI KEILMUAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37723Keywords:
Pendidikan Islam, Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Bani UmayyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran pendidikan Islam pada abad ke-19 dan seterusnya, serta menggambarkan profil pendidikan Islam pada masa kemunduran tersebut. Fokus utama penelitian ini adalah faktor sejarah, sosial, dan politik yang berperan dalam penurunan kualitas dan relevansi pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunduran pendidikan Islam disebabkan oleh perpecahan politik internal dunia Islam, pengaruh kebijakan kolonialisme yang mengutamakan pendidikan Barat, serta transisi pasca-kolonial yang kurang mendukung lembaga pendidikan Islam. Akibatnya, lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti pesantren dan madrasah kehilangan relevansi dan peran mereka dalam menghasilkan generasi yang berilmu dan berakhlak mulia. Pembelajaran agama lebih terisolasi dari perkembangan ilmu pengetahuan modern, sehingga menghambat kemajuan sosial, ekonomi, dan budaya umat Islam. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya reformasi pendidikan Islam yang mengintegrasikan ilmu agama dengan sains dan teknologi, serta dukungan lebih besar dari pemerintah untuk revitalisasi lembaga pendidikan Islam agar mampu bersaing dalam era globalisasi dan teknologi modern.References
Sudarji, S. (2020) ‘Moderasi Islam: Untuk Peradaban dan Kemanusiaan’, EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan..., [online] Available at: https://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/11
Lyadi, M. and Roza, E. (2023) ‘Pengaruh Dinasti Fatimiyah terhadap Perkembangan Peradaban Islam di Mesir’, Innovative: Journal of Social Science Research, [online] Available at: https://j-innovative.org
Rizem, A. (2021) Sejarah Peradaban Islam Terlengkap: Periode Klasik, Pertengahan, dan Modern. Yogyakarta: Diva Press.
Arief, M.I., 2022. 'Islam dan Peradaban Dunia: Pendekatan Historis sebagai Sudut Pandang Mengkaji Islam'. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya. Available at: https://maryamsejahtera.com
Sihilun, A.N., 2010. Pemikiran Kalam Teologi Islam, Sejarah Ajaran dan Perkembangannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mindani, M., Ismail, I., Purwanto, R., Hidayat, S., Nadia, R. & Khadafi, M., 2024. Kemunduran Peradaban Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), pp.162-169. Available at: http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/
Milya Sari. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa. Jurnal Penelitian Bidang Ipa Dan Pendidikan Ipa. 6(1): halaman 43-45
Harahap. 2014. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Kesebelas, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Allawi, A. A. 2010. The Crisis of Islamic Civilization. London: Yale University Press.
Dawam, A. 2012. Islam dan Tantangan Globalisasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Maarif, A. S. 2018. Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam. Jakarta: Bentang Pustaka.
Kuru, A. T. 2020. Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Denny, J. A. 2019. NKRI Bersyariah atau Ruang Publik yang Manusiawi? Tanggapan 21 Pakar Terhadap Gagasan Denny J A (S. Arismunandar Ed.). Jakarta: Cerah Budaya Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulham Luthfi Tambunan, Rahmad Dedek, Ramedlon Ramedlon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.