EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DEMAK

Authors

  • Joko Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang
  • Tubagus Herlambang Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37287

Keywords:

Direct Instruction, Audio Visual, Hasil Belajar, Shooting

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan hasil obeservasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Demak Khususnya kelas X Pemasaran, bahwa proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik tetapi belum sesuai dengan yang diharapkan oleh guru khusunya pembelajaran materi shooting bola basket. Permasalahan pokok yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa materi shooting. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang memiliki arti metode penelitian untuk mencari pengaruh dari perlakuan tertentu terhadap kondisi yang terkendalikan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan 1) Menggunakan tes Test yang dilakukan pada penelitian ini berupa pilihan ganda sebanyak 15 soal. 2). Observasi 3). Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan hasil mean atau rata-rata kelompok kontrol dari pretest sebesar 36,21 menjadi posttest sebesar 62,18 Setelah dilakukan uji hipotesis paired sample T-test pada data pretest dan data posttest diperoleh nilai t hitung pretest dan posttest adalah sebesar 2,750 dengan sig (2-tailed) 0,000, maka dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan. Pada hasil rata rata/mean pretest dan posttes terdapat nilai selisih 25,97. maka ada peningkatan pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan hasil mean atau rata-rata hasil kelompok eksperimen sebesar 39,61 menjadi posttest sebesar 86,61. Setelah dilakukan uji hipotesis paired sample T-test pada data pretest dan data posttest diperoleh nilai t hitung sebesar 2,042 dengan sig (2-tailed) 0,037 terdapat perbedaan yang signifikan. Kemudian dari hasil nilai mean atau rata-rata pretest dan posttest pada kelompok eksperimen terdapat nilai rata-rata selisih sebesar 47,00 dari hasil pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen dengan menggunakan model direct instruction berbantu audio visual lebih baik dan lebih efektif dari pada kelompok kontrol di SMK Negeri 1 Demak.  

References

Aji, R. B., Anhar Fahmi, D., & Setiyawan. (2020). Journal of Sport Coaching and Physical Education Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. Jurnal Of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 42—47. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe.

Anugrarista, E., & Arisman. (2020). Penerapan Media Audio-Visual dengan Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung. Jurnal Menssana, 5 No.2, 123—129

Azzhra, S., Khalil, F. F., Johan, T., Fadli, R. G., Alfaja, M. F., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Direct Instruction Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Permainan Bola Basket Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2992—2997.

Darmawan, I. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Febryanto, F. N. (2015). Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas VIIA SMP Kanisius Pati Tahun 2013/2014. Journal Of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(1), 1509—1521.

Ginanjar, A. (2016). Modul Implementasi Praktis Model-model PembelajaramPendidikan Jasmani. Indramayu: STKIP NU Indramayu

Hadi, H. Y., Hermawan, I., & Permadi, A. A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Direct Instruction Melalui Pendekatan Media Video Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Riyadhoh?: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 36. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.10708 Kusnadi, E., & Gani, R. A. (2020). Pembelajaran teknik passing bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar komando. JPOS (Journal Power Of Sports), 50(February), 3—10.

Rahmadani, A., Candra, O., Daharis, & Khoeri, A. (2021). Model pembelajaran bola basket berbasis permainan: Bagaimana peningkatannya terhadap keterampilan passing? Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education.

Ramadhan, F., Yulianti, M., & Henjilito, R. (2020). Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 50—59. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5122

Sukmadinata, N. S. (2020). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supatri, D., Puspa Hidasari, F., & Haetami Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Untan Pontianak, M. (n.d.-a). peningkatan hasil belajar shooting bola basket menggunakan media audiovisual pada peserta didik sma negeri 1 sungai raya

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Saputro, J., Fahmi, D. A., & Herlambang, T. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DEMAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18727–18734. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37287

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.