EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA STUDI SEMI EKSPERIMENTAL DI MAN 9 JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34071Keywords:
Teknik Bermain Peran, Meningkatkan KosakataAbstract
Memperoleh kosakata dalam bahasa Arab sangat penting karena berguna untuk mempelajari keterampilan linguistik, yaitu mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara dalam pelajaran bahasa Arab. Salah satu komponen yang ada dalam bahasa Arab adalah kosakata. Oleh karena itu, kosakata harus diajarkan dengan teknik dan metode yang baik untuk membantu mempermudah penambahan kosakata. Oleh karena itu, peneliti menerapkan teknik role-playing untuk meningkatkan kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik role playing untuk meningkatkan kosakata di MAN 9 Jakarta Timur dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik role-playing untuk meningkatkan kosakata di MAN 9 Jakarta Timur. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode penelitiannya adalah metode eksperimental. Penelitian empiris adalah penelitian yang memanipulasi atau mengendalikan keadaan alam dengan menciptakan kondisi buatan. Hasil dari penelitian ini adalah: bahwa teknik bermain peran efektif untuk meningkatkan kosakata. Itu dihitung dengan tes dengan satu variabel dan satu sampel (Single T-Test). (Sig) (2 ekor) seharga 0.000. Oleh karena itu, magnitudo tingkat 0,00 (Signifikansi) kurang dari 0,05 dan kemudian hasil pengujian dengan satu variabel dan satu sampel (Single T-Test) memiliki hasil yang besar (Signifikan). Hal ini diketahui dari hasil T-Test yang menunjukkan bahwa hasil T-Count adalah 31.220. Ini lebih besar dari T-Table yaitu 1.68830. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dengan kesimpulan bahwa teknik role playing efektif digunakan untuk meningkatkan kosakata.References
Amri, S. & Ahmadi, I, K. ”Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Dalam Kelas”, 2010.
Aziz, F . “Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Kontemporer”, 2016.
Fahrurrozi, S. “Bahasa semit sebagai asal muasal bahasa arab”, 2022.
Fajriah, Z. “Peningkatan Penguasaan Kosa Kata bahasa Arab (mufradat) melalui penggunaan media Kartu Bergambar”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2015.
Fuad, M. “Otomatisasi Harakat Bahasa Arab Menggunakan Pemrograman Jawa”, 2010.
Ginting, A . “Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran”, 2014.
Hamdani. “Strategi Belajar Mengajar”, 2011.
Hamdayama, J. “Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter”, 2014.
Hunaidu. “Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Pondok Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Pinrang”, 2018.
Janatin, I. “Pengaruh metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X sma ki hajar dewantara Tangerang tahun pelajaran 2018/2019”, 2020.
Laely, K. & Andriana, M. “Metode Role Play Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jawa Anak Usia 5-6 Tahun”, 2015.
Miftahul, H. “Model-model Pengajaran dan Pembelajaran”, 2014.
Mujib, F. “Metode permainan permainan edukatif dalam belajar bahasa Arab”, 2011.
Munira. “Penggunaan metode role play dalam pembelajaran hiwar pada peserta didik mts tassbeh baitul qur`an kabupaten pinrang”, 2022.
Ni’mah, K. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kelas X IIS 3MAN Kediri 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016”, 2015.
Nugroho, C . “Keefektivan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ppkn siswa kelas X di smkn 2 magelang”, 2017.
Sudrajat, A . “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran”, 2009.
Suryani, N. & Agung, L, “Strategi Belajar Mengajar”, 2012.
Rafidah. “Pengaruh Metode Role Playing terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akidah Peseta Didik Mts DDI Kulo Kabupaten Sidrap”, 2016.
Risky Juita P. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd Negeri O36 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar”, 2023.
Rosidah, C. “ Efektivitas Penggunaan metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon”, 2013.
Sakinah, S. “peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab melalui game talking stick di asrama ma`had institute gama islam negeri (iain) parepare”, 2018.
Sudjana, “Metode Statistika”, 2005.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, 2016.
Warni, S. “Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab melalui Media Gambar Reka Cerita pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren”, 2021.
Mustofa, S. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif”, 2011.
Zainur Rijal, A. R., Rosni, S., & Sulaiman, I. “Tahap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pelajar Universiti: Satu Kajian Korpus di Universiti Sains Islam Malaysia”, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shindu Graito Wening

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.