MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOLAH ALAM CIKEAS, JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36787Keywords:
Kemampuan Komunikasi, Model Project Based LearningAbstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan komunikasi melalui Model Project Based Learning di SMP Sekolah Alam Cikeas dengan teknik wawancara dan observasi kepada sumber data yaitu kepala sekolah dan guru yang terkait. Hasil penelitian membuktikan bahwa Model pembelajaran Project Based Learning yang dilakukan di SMP Sekolah Alam Cikeas telah sesuai dengan standar yang ideal. Penerapan PjBL di SMP Sekolah Alam Cikeas ditetapkan sebagai program sekolah yang didukung oleh semua stake holders baik manajemen, pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik. PjBL telah dijadwalkan dari sejak dimulainya tahun ajaran. PjBL mencakup penerapan semua mata pelajaran yang dikaitkan dengan masalah dunia nyata.References
Ahmad, M. (2021). Management of Project-Based Learning Model at Sekolah Alam Junior High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1152–1159. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.486
Dimas Indianto. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 8(2), 113.
Hutasuhut, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan Pada Jurusan Manajemen FE Unimed. Pekbis Jurnal, 2(1).
J. Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Pham, T. (2018). Project-Based learning: From Theory to EFL Classroom Practice. Proceedings of the 6th International Open TESOL Conference, 329.
Sarnoto, A. Z. (2014). Peran Komunikasi Dalam Proses Bimbingan Dan Konseling. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3(2), 54–62.
Sarnoto, A. Z. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 1–10.
Sarnoto, A. Z. (2021). Metode Pendidikan Komunikasi Islami dalam Keluarga Perspektif Al-Qur’an Al-Qur’an. Jurnal Statement, 11(2), 83–95. https://doi.org/https://doi.org/10.56745/js.v11i2.238
Sarnoto, A. Z. (2023a). Sistematic Mapping Study: Metodologi, Analisis, dan Interpretasi (1st ed.). Malang: Seribu Bintang.
Sarnoto, A. Z. (2023b). Systematic Mapping Study?: Metodologi, Analisis dan Interpretasi. Malang: Seribu Bintang.
Sarnoto, A. Z., & Burhanuddin, N. (2021). Counter-Radicalization through Problem Based Learning in the Perspective of the Al Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 1–16. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.195
Sarnoto, A. Z., & Farida, N. (2021). Lingkungan Pendidikan Perspektif Al-QUr’an. Jurnal Profesi, 10(2), 114–126.
Sarnoto, A. Z., & Sari, W. D. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Yogyakarta?: Sulur Pustaka.
Sarnoto, A. Z., & Ulfa, S. M. (2021). Kecerdasan Sosial dalam Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an. AoEJ?: Academy of Education Journal, 12(2), 294–302. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.739
Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Kuswanto, H. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Pada Usia Remaja Di Lembaga Takhassus Al-Qur’an (LTQ) Griya Tahfizh Bekasi. Jurnal Profesi, 11(2), 47–58.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Etty Siti Karyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.