ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD AL-ISLAM PENGKOL JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36160Keywords:
Kesulitan Siswa, Faktor Penyebab Kesulitan Belajar, MatematikaAbstract
Kesulitan belajar matematika dapat diartikan sebagai suatu gangguan dari dalam diri yang dialami oleh peserta didik yang menyebabkan peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran tentang bilangan, termasuk pembelajaran umum didalamnya yang terdapat penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan efektif dan wajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika dan faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa di kelas III SD Al-Islam Pengkol Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan kesulitan yang dialami siswa adalah pemahaman konsep dasar, seperti perkalian, penerapan konsep dalam soal cerita, serta memahami istilah-istilah matematika. Faktor penyebab kesulitan ini termasuk keterbatasan kemampuan berpikir abstrak, kurangnya minat terhadap matematika, kecemasan belajar, dan gangguan lingkungan kelas. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih variatif dan mendukung perkembangan kognitif siswa untuk mengatasi kesulitan belajar matematika secara efektif.Downloads
Published
2024-10-19
How to Cite
Aristiantika, R. ., & Widiono, A. . (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD AL-ISLAM PENGKOL JEPARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14970–14979. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36160
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Rita Aristiantika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.