ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL SUBRING DAN IDEAL PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR

Authors

  • Sri Lestari Manurung Universitas Negeri Medan
  • Veronika S. Sitanggang Universitas Negeri Medan
  • Yesika Br. Hutahaean Universitas Negeri Medan
  • Wahdini Wahdini Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35999

Keywords:

Struktur Aljabar, Subring Dan Ideal, Matematika, Analisis Kesalahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis kesulitan-kesulitan mahasiswa serta gambaran secara rinci dan mendalam mengenai kemampuan berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan struktur aljabar Materi Subring dan Ideal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa - mahasiswi Pendidikan Matematika - 6  Universitas Negeri Medan yang sedang menempuh mata kuliah Struktur Aljabar. Adapun subjek penelitiannya adalah tujuh (7) orang mahasiswa - mahasiswi Pendidikan Matematika - 6  Universitas Negeri Medan. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah berupa soal yang diberikan melalui Google Form pada Rabu, 10 April 2024 kepada Mahasiswa – Mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika Unimed yang Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan adapun temuan yang dihasilkan yaitu meliputi responden tidak memahami secara penuh syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membuktikan ring atau bukan yaitu keterbatasan pengetahuan yang terkait dengan konsep. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan konsep yang dimiliki oleh responden tidak cukup untuk membuat sebuah pembuktian. Mahasiswa tidak memahami dan tidak bisa menyatakan definisi dengan jelas, memiliki intuisi terbatas terkait konsep, pengetahuan konsep yang mereka miliki tidak memadai untuk menyusun bukti, tidak mampu atau tidak mau membuat contoh sendiri untuk memperjelas bukti, tidak tahu cara memanfaatkan definisi untuk menyusun bukti yang lengkap, tidak memahami penggunaan bahasa dan notasi matematis, serta tidak tahu bagaimana memulai proses pembuktian.

References

Astuti, A., & Zulhendri, Z. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar Pada Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-23.

Ikramuddin, I. (2017). Identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar. Nabla Dewantara, 2(2), 47-58.

Nayah, I. R. K., & Maysarah, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Kelompok Atas Dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Ring Materi Ideal Prima Dan Ideal Maksimal. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 108-120.

Rosyid, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Ring Materi Ideal. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 80-94.

Yuniati, S. (2013). Peta konsep (mind mapping) dalam pembelajaran struktur aljabar. Gamatika, 3(2).

Yunianta, T. N. H. (2014). Hambatan Seseorang Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.

Astuti, ,. N. (2018, Juli). ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR DI STKIP. Jurnal Pendidikan Matematika, 12, 73-80.

Astuti, Z. (2017, Mei). ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI RIAU TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 17-23.

Faizah, H. (2019, Juli). Pemahaman Mahasiswa tentang Konsep Grup pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Of Mathematic Education, Science and Technology, 4, 23-34.

Rosyid, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Ring Materi Ideal. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 80-94.

Rubowo, M. R., Purwosetiyono, F. D., & Wulandari, D. (2017). Pemahaman konsep mahasiswa tentang ring pada mata kuliah struktur aljabar 2 ditinjau dari pemikiran kreatif pada siswa kelompok atas. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 2(2), 69-73.

Uniarti, A. (2019). Suatu Kajian Tentang Jumlahan Langsung Pada Ring (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Nayah, I. &. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif mahasiswa kelompok atas dalam menyelesaikan soal struktur aljabar ring materi ideal prima dan ideal maksimal. JUPIKA : Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 108-120.

Sulistyorini, Y., Argarini, DF, Yazidah, NI, & Cipta, DAS STRUKTUR ALJABAR II . GUEPEDIA.

Anggraini, MS, & Sugita, G. (2020). Buku Ajar Struktur Aljabar . Publikasikan lebih dalam.

Manurung, SL, Purba, GID, Putri Harliana, ST, & Kom, M. (2023). Struktur Aljabar . Publikasikan lebih dalam.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Manurung, S. L. ., Sitanggang, V. S. ., Hutahaean, Y. B. ., & Wahdini, W. (2024). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL SUBRING DAN IDEAL PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14816–14824. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35999