PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN BOBA QUIQUINIAN DI KAWASAN MEDAN JOHOR

Authors

  • Sudarsono Sudarsono Politeknik Negeri Medan
  • Tosanov T.P. Napitupulu Politeknik Negeri Medan
  • Jonni Haonangan Silaen Politeknik Negeri Medan
  • Benhur Pakpahan Politeknik Negeri Medan
  • Sabarita Tarigan Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35822

Keywords:

Harga, Citra Merek, Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, citra merek, kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Boba Quiquinian Drink di wilayah Medan Johor dan dapat memperkaya model penelitian yang menganalisis keputusan pembelian suatu produk, khususnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Boba Quiquinian Drink varian Bubble Tea. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para pengusaha untuk mengutamakan faktor-faktor dalam usaha jasa minuman agar dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk melanjutkan penelitian sebelumnya. Sampel yang diambil adalah konsumen Boba Quiquinian Drink yang membeli bubble tea di outlet wilayah Medan Johor. Dengan menggunakan metode sampel yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan meliputi regresi linier berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi dan koefisien korelasi.

References

Abriansyah, F. 2021. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Serta Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Quiquinian (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Amirullah, G. M. Q. 2021. Pengaruh Brand Image, Gaya Hidup dan Elastisitas Harga terhadap Perilaku Keputusan Pembelian J. Co Donuts & Coffee Suncity Sidoarjo. UBHARA Management Journal, 1(2), 301-308.

Alfian, I., & Marpaung, Muslim. 2017. Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di kota Medan. AT-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 118-141..

Angelika, A., & Lego, Y. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Quiquinian di Mall Ciputra, Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 31-39.

Alvionita, V., & Prijati, P. 2017. Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Quiquinian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(3).

Arianto, Nurmin, G. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075.

Bayu, D. K., Ningsih, G. M., & Windiana, L. 2020. Pengaruh labelisasi halal, merek dan harga terhadap keputusan pembelian minuman Quiquinian. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3), 239-256.

Chandra, K. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk “Quiquinian” di Kelapa Gading/Kartika Chandra/29160360/Pembimbing: Dergibson Siagian.

Dalimunthe, A. S. 2021. Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Starbuck Coffee Kota Medan. Skripsi. Journal of Digital Marketing and Halal Industry. http://dx.doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.2.6160.

Dwinito, R. 2020. Strategi Pemasaran Kopi Janji Jiwa Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Pondok Ungu Permai Bekasi. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Efendi, N., Ginting, S. O., & Halim, J. 2020. Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Unmus, 11(2), 463463.

Fadhli, R. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bubble Drink (Studi Pada Quiquinian Ramayana Kediri) (Doctoral dissertation, IAIN KEDIRI).

Firmansyah, M. A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media, 59-72.

Firmanto, Y. 2019. Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Chicken KFC. Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Fitria, M. R., Hermawan A., Asnawi Y. H. 2019. The Effect of Halal Awareness, Halal Certification, and Halal Marketing Toward Halal PurchaseIntention of Fast Food Among Muslim Millenials Generation. Bogor Agricultural University. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-06.11.

Fure, H. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Universitas Sam Ratulangi.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi Sembilan. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro, 97, 111, 121, 138, 161.

Harfika, J., & Abdullah, N. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum Kabupaten Aceh Barat Daya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(01).

Hidayah, N. 2022. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Quiquinian Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(3), 433-443.

Hanum, Z., & Hidayat, S. 2017. Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 06, 37–43.

Harahap, R. A., Ahmad Kholil, S. E., & Supaino, S. E. 2022. Pengaruh Halal Lifestyle, Social Media, Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 3(1), 502-512.

Haryanto, E. 2013. Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 750–760.

Izzah, F. N., Munfiah, A., Apriliani, S. T., Risdiyanti, V. P., & Pratiwi, R. 2022. Intensitas Kepercayaan Konsumen, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Customer Quiquinian Di Mall Ciputra Semarang. Al- KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 47-59.

Indrasari, Meithiana. 2016. Pemasaran & Kepuasan pelanggan. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Jusmansyah, M. (2020). Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Dan Return On Equity Terhadap Harga Saham. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 179-198.

Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management (Building, Measure, and Managing Brand Equity). Prentice Hall. New Jersey

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. American Marketing Association. Ninth Edition. Prentice- Hall. Lamarto, MBA, MSM, Edisi Ketujuh, Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta

Kurniawan, N. F., & Pranoto, H. S. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang Quiquinian di Pakuwon Mall Surabaya.

Lestari, A. T., & Iskandar, K. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Bank BTN Cabang Tegal. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1.513

Maulana, A. S. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Nanincova, N. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. 2023. Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183-188.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. 2017. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek BRAND IMAGE Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 14(1), 16-23.

Rahmah, R. F. 2022. Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Halal Awarness terhadap keputusan pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) pada masa pandemi di Kota Medan. 8.5.2017, 2003–2005.

Ridwan, M. 2018. Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan). Tesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–202.

Rokima, F., Basalamah, M. R., & Arsyianto, M. T. 2023. Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Varian Quiquinian Di Malang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Rosnaini, D. 2016. Citra, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen (1st ed.). Prenada Media. hal 11-14 ISBN: 979 3465 18 2

Sirhan, F., Wahyu, W., & Agung, S. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 120–134.

Shofiyana, S. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Youth & Islamic Economic Journal, 1(02), 9-13.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 7, 64, 80, 93,142,224.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ( 2nd ed). Bandung Alfabeta.

Sujarweni, V. W. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustakabarupress, 67-171.

Suryani, Hendriyadi. 2018. Metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam.

Susanto, Y., Amroni, A., & Lukita, C. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Minuman Quiquinian Di CSB Mall Kota Cirebon. Jurnal Witana, 1(1), 70-77.

Siyoto, S & Sodik, A. 2015. Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Tania, L. 2021. Pengaruh Citra Merek, Ekuitas Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Quiquinian Cabang Supermall Lippo Karawaci (Doctoral dissertation, KodeUniversitas041060# UniversitasBuddhiDharma).

Valianti, R. M., & Damayanti, R. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Pada Pt. Lautan Berlian Utama Motor Palembang. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 13(1), 1–28.

Wardana, M. A. 2014. Proses Keputusan Pembelian Konsumen. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Yusanto , M. I. dan M.K.Widjajakusuma. 2002. Menggagas Bisnis Islam. Jakarta. Gema Insani Press.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Sudarsono, S., Napitupulu, T. T. ., Silaen, J. H., Pakpahan, B. ., & Tarigan, S. (2024). PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN BOBA QUIQUINIAN DI KAWASAN MEDAN JOHOR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14703–14712. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35822