KEMAMPUAN DAN PENGARUH MENGHAFAL NADZOM ALFIYAH IBNU MALIK TERHADAP PEMAHAMAN ILMU TATA BAHASA ARAB PADA MURID KELAS 3 PONDOK PESANTREN AL MASYKUR SEMARANG

Authors

  • Muh Nafis Zidanil Huda Universitas Negeri Raden Mas Said
  • Muhammad Nanang Qosim Universitas Negeri Raden Mas Said
  • Muhammad Mubarok Universitas Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35721

Keywords:

Kemampuan, Menghafal, Pemahaman

References

Al-Andalusy, Ibnu Malik. Alfiyah Ibnu Malik fi Ulumin Nahwi. Kediri: Dar Al Mubtadien Lirboyo, 2004.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1993. Metode Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

Ilmani, A. M., Ahmadi, Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab . Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi

Pendidikan Bahasa Arab 8(1), 17-32. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2613

Sudjana, 2005 Metode Statistika, (Bandung: Tarsito, 2005).

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Bachtiar. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih. Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.

Ridwan. Akdon. Rumus dan Data dalam Analisis Statiska. Bandung: Alfabeta, 2015.

Ruslan, R. 2005. Manajeman Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Jefkins, F. 2003. Public relations (Cetakan Kelima).

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Huda, M. N. Z. ., Qosim , M. N., & Mubarok, M. . (2024). KEMAMPUAN DAN PENGARUH MENGHAFAL NADZOM ALFIYAH IBNU MALIK TERHADAP PEMAHAMAN ILMU TATA BAHASA ARAB PADA MURID KELAS 3 PONDOK PESANTREN AL MASYKUR SEMARANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14562–14566. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35721