PENGARUH DIGITAL MARKETING, KOMPETENSI INTI, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PEDAGANG KAKI LIMA DI SIDOARJO

Authors

  • Putri Nur Laila Sari Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Ella Anastasya Sinambela Universitas Sunan Giri Surabaya

Keywords:

Pedagang Kaki Lima; Digital Marketing; Kompetensi Inti; Modal Intelektual; Keunggulan Bersaing

Abstract

Pedagang Kaki Lima (PKL) menjadi salah satu sektor yang paling menonjol di sektor informal yang selalu bergantung pada sektor formal. PKL menjadi pekerjaan alternatif ketika orang tidak dapat masuk/bergabung ke sektor formal dan dapat memenuhi kebutuhan mereka. Peran penting dari berbagai faktor yang di terapkan pada kegiatan bisnis berpotensi besar dan berpengaruh kepada masyarakat sebagai media pemasaran yang bertujuan untuk memperoleh akses lebih besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah PKL di Sidoarjo yang membangun usaha sebagai pedagang kaki lima. Peneliti menyebarkan 200 kuesioner dengan 117 tanggapan. Penelitian ini menggunakan  kuesioner yang disebarkan secara online dengan menggunakan media google form. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan dari hasil data yang diolah menggunakan SPSS versi 26 diketahui bahwa pengaruh digital marketing, kompetensi inti, dan modal intelektual terhadap keunggulan bersaing pedagang kaki lima di sidoarjo berpengaruh signifikan.. 

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Sari, P. N. L. ., & Sinambela, E. A. . (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KOMPETENSI INTI, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PEDAGANG KAKI LIMA DI SIDOARJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14136–14147. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/35359