PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA (FLASHCARD) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS I SD NEGRI 06 PONTIANAK UTARA

Authors

  • Theresa Imaculata Kiding Universitas Tanjungpura
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34761

Keywords:

Pengaruh, Media Pembelajaran, Kartu Kata (Flashcard), Kemampuan Literasi Baca Tulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran kartu kata (flashcard) terhadap kemampuan literasi baca tulis siswa kelas I SD Negeri 06 Pontianak Utara. Metode yang digunakan adalah eksperimen bentuk Quasi-Experimental Design dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kela I yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas I A berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas I B berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan alat pengumpul data berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan perolehan thitung = 2,064 < nilai ttabel sebesar 2,015 dengan taraf signifikansi = 0,05, dan derajat kebebasan (dk) = k-2 = (22 + 24) – 2 = 44, maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran kartu kata (flashcard) terhadap kemampuan literasi baca tulis siswa kelas I SD Negeri 06 Pontianak Utara. Perolehan effect size (ES) sebesar 0,609 (kriteria sedang). Sehingga media pembelajaran kartu kata (flashcard) memberikan penigkatan literasi baca tulis bagi siswa kelas I SD Negeri 06 Pontianak Utara berkategori sedang.

References

Agustiani, K. D. (2022). Implementasi Media Kartu Kata Pembelajaran Membaca Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 4 Selakambang Purbalingga [Skripsi]. Diperoleh dari https://eprints.uinsaizu.ac.id/16076/1/

Fayza, A. A., & Nugraha, D. M. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran PKN. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(1), 57-65. DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46506

Halidjah,S & Salimi, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up Book Bagi Guru Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-9. Diperoleh dari https://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/440

Kartika, J. N., Hamdani, H., Salimi, A., & Pranata, R. (2024). Pengaruh Penerapan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SDN 11 Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan , 6 (2), 12783-12789. Diperoleh dari https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4906/4033

Kartono, Ghasya, D. A. V., Pranata, R., Salimi, A., Samodra, Y. T. J., Suparjan, Kresnadi, H., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2023). Stabilizing Skills of Elementary School Teachers to Educate Students about Basic Literacy Within the Framework of an Independent Curriculum. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1039-1050. DOI: https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i2.2588

Khofifah, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Di SDN 2 Golantepus Mejobo Kudus [Skripsi]. Diperoleh dari http://repository.iainkudus.ac.id/

Kiranti, W. A., Selegi, S. F., & Lian, B. (2023). Literasi Baca Tulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri Bangun Harjo. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 179-193. DOI: https://doi.org10.37216/badaa.v5i1.1057/

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087-5099. Diperoleh dari https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1436/pdf

Nisa, K., Djunaidi, & Hetilaniar. (2023). Pengaruh Media KATAM (Kartu Kata Bergambar) Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SDN 01 Lubai Ulu. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 314-322. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1926

Nurpadila. (2023). Implementasi Program Literasi Baca Tulis Peserta Didik Di SDN 01 Lansat Kadap Kabupaten Pasaman [Makalah Tugas Akhir]. Diperoleh dari http://repository.unp.ac.id/45242/

Pratama, A. P., & Hardini, A. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4570-4579. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8995

Ritonga, F. H., & Aufa, A. (2023). Pengaruh media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 382-387. DOI: http://dx.doi.org/10.29210/1202323056

Rivani, Y., Halidjah, S., & Pranata, R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di SDN 30 Pontianak Utara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1650-1656. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25399

Rofah, A. N., & Mulyawati, I. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Literasi Bahasa Peserta Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7556-7562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3583

Susanti, D. I., Prameswari, J. Y., & Anawati, S. (2022). Penerapan Literasi Baca-Tulis Dan Literasi Numerasi Di Kelas Bawah Sekolah Dasar. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(1), 78-84. DOI: https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18330

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Kiding, T. I. ., Salimi, A. ., & Pranata, R. . (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA (FLASHCARD) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS I SD NEGRI 06 PONTIANAK UTARA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13624–13629. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34761