EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU MEMBOLOS

Authors

  • Wellya Safitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Fitria Kasih Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rici Kardo Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34314

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Diskusi, Membolos

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perilaku membolos dari peserta didik Fase F SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Guru bimbingan dan konseling belum memberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi pada permasalahan perilaku membolos. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) gambaran perilaku membolos peserta didik sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi, 2) gambaran perilaku membolos peserta didik sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi, 3) efektifitas bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi untuk meminimalisir perilaku membolos peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitin One-Group-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 8 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 8 orang peserta didik yang memiliki perilaku membolos yang diambil dengan teknik total sampling. Instrument yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi sedangkan untuk analisis data persentase pretest dan postest menggunakan interval skor dan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) gambaran perilaku membolos peserta didik sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori cukup tinggi, 2) gambaran perilaku membolos peserta didik sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori rendah. 3) Terdapat efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi untuk meminimalisir perilaku membolos peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar mampu untuk memberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi sebaik mungkin serta diharapka bisa menggunakan layanan tersebut untuk memberikan layanan pada permasalahan tidak masuk kelas lagi setelah jam istirahat yang memiliki kategori tinggi, dan menurunkan perilaku membolos hasil penelitian secara umum dari kategori cukup tinggi menjadi rendah

References

Adison, Joni, and Suryadi. 2021. “Efektifitas Penggunaan Metode Diskusi Pada Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik (Studi Eksperimen di Kelad XI IPS1 SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan).” 1(10):2241–46.

Ardiyanti, Mega, and Titin Indah Pratiwi. 2018. “Konselor Sekolah di Smp Negeri Se Kecamatan Kerek-Tuban Titin Indah Pratiwi.” BK Unesa 8:79–88.

Dafiq, Muhammad, and Dhiya’ul Haq. 2019. “Peran Guru BK Dalam Menangani Prilaku Membolos Siswa Di MTs Nu Raudlatus Shibyan.” 3:1–18.

Fadilah, Risydah, Dhea Aulia Putri, Dwi Amalia Susilo, and Fara Naia Salsabila. 2023. “Penerapan Konseling Adlerian Dalam Mengatasi Perilaku Membolos Pada Siswa Man 3 Medan.” 2(3). Hisadi Nurpadillah, Kardo Rici, and Putri Besti Nora Dwi. 2023. “Model Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Role Playing Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas XI IPS Di SMAN Tuah Kemuning.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2):19042–53.

Hodsay, Zahruddin, and Zelvie Yolanda. 2019. “Analisis Penilaian Kesehatan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam (Ksp) Sejahtera Smk Muhammadiyah 2 Palembang.” Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 6(2):114–25. doi: 10.36706/jp.v6i2.9986.

Juliansyah, Eris. 2017. “Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Ekonomak 3(2):19–37.

Junaidi, Riko, and Febri Susanti. 2019. “Pengaruh Ke Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD Baltekkomdik Dinas Pendidikan Sumatra Barar.” Journal Ekonomi 2(1):1–23.

Landang, Rosalia Dalima, I. Wayan Widnyana, and I. Wayan Sukadana. 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.” Jurnal EMAS 2(2):51–70.

Rahayu, Wulan Dwiyanti, Heris Hendriana, and Siti Fatimah. 2020. “Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 3(3):99. doi: 10.22460/fokus.v3i3.5253.

Santoso, Erik. 2017. “Penggunan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2014-2015 ).” Jurnal Cakrawala Pendas 3(1):16–29.

Setiawati, Ma’rifah Siti. 2020. “Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, Dan Solusi.” Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021 99–108. Susetya, Beny. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademi Di SD N Gambiran Yogyakarta.” Ekp 01(3):134–41.

Waluwandja, Petrisia Anas, and Zummy Anselmus Dami. 2018. “Upaya Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok.” Ciencias: Jurnal Penelitian Dan … 1(1):114.

Wasono, Muhammad Putro Joko. 2019. “Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Info Artikel Abstract Sejarah Artikel.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2(1):54.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Safitri, W., Kasih, F. ., & Kardo, R. . (2024). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU MEMBOLOS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13031–13037. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34314