EFEKTIVITAS PROGRAM ROOTS INDONESIA DALAM MENGURANGI PERUNDUNGAN DI SEKOLAH (STUDI KOMPARATIF SMPN 1 BANUHAMPU KABUPATEN AGAM DAN UPTD SMP N 1 KEC. PAYAKUMBUH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA)

Authors

  • Shinta Lovina Sari Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Dasep Suryanto Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34219

Keywords:

Perundungan, Program Roots Indonesia, Efektivitas, Agen Perubahan

Abstract

Perundungan di sekolah merupakan masalah yang serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan siswa, baik dari segi akademik maupun psikologis. Program Roots Indonesia dikembangkan sebagai inisiatif untuk mengurangi perundungan melalui pembentukan Agen Perubahan di kalangan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Program Roots Indonesia dalam mengurangi perundungan di sekolah dan membandingkan implementasinya di dua sekolah berbeda, yakni SMP Negeri 1 Banuhampu dan UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif komparatif, dengan pengumpulan data melalui survei, wawancara, dan observasi di kedua sekolah. Analisis dilakukan untuk melihat perubahan perilaku perundungan dan persepsi siswa serta guru terhadap program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Roots Indonesia efektif dalam mengurangi insiden perundungan di kedua sekolah. Di SMP Negeri 1 Banuhampu, terdapat penurunan signifikan dalam perilaku perundungan, meskipun tantangan seperti resistensi terhadap Agen Perubahan masih terjadi. Di UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, efektivitas program juga terlihat, meskipun terdapat kendala dalam sosialisasi program yang optimal.

References

ANDINI, P., HARIAWAN, R., & SUHARDI, M. (2023). Implementasi Program Kelas Akselerasi. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik.

Annur, C. (2024). Ada 30 Kasus Bullying Sepanjang 2023, Mayoritas Terjadi di SMP.

Creswell. (2018). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Memilih di antara Lima Pendekatan. Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi. Pustaka Pelajar.

Diskominfo. (2023). ATASI DAN CEGAH KEKERASAN DI SATUAN PENDIDIKAN KABUPATEN AGAM, DISDIKBUD BERSAMA DINAS DALDUK KB P2PA DAN POLRES AGAM GELAR RAKOR.

Keysinaya, Y. (2022). Peran UNICEF Indonesia Menangani Perundungan di Sekolah Melalui Program Roots. Sospol: Jurnal Sosial Politik.

Khasanah, E. E. (2015). FENOMENA BULLYING DI SEKOLAH DASAR KAWASAN BERESIKO KOTA YOGYAKARTA. Lumbung Pustakan Universitas Negeri Yogyakarta.

Puspeka. (2021). Bersama, Kita Hentikan Perundungan! Kemendikbudristek.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosadakrya.

Zikra, A., Al, H., & Gaautama, M. I. (2023). Efektivitas Program Roots di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Tanah Datar dalam Mengatasi Bullying. Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan.

Downloads

Published

2024-09-28

How to Cite

Sari, S. L. ., & Suryanto, D. . (2024). EFEKTIVITAS PROGRAM ROOTS INDONESIA DALAM MENGURANGI PERUNDUNGAN DI SEKOLAH (STUDI KOMPARATIF SMPN 1 BANUHAMPU KABUPATEN AGAM DAN UPTD SMP N 1 KEC. PAYAKUMBUH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14029–14039. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34219