ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING BERDASARKAN METODE FIVE FORCE PORTER PADA LEMBAGA PELATIHAN DAN PEMBINAAN UMKM BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Santy Berliana Naibaho Universitas Esa Unggul
  • Edi Hamdi Universitas Esa Unggul
  • Rhian Indradewa Universitas Esa Unggul
  • Agus Munandar Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34185

Keywords:

Keunggulan Bersaing; Five Force Porter; Pelatihan dan Pembinaan

Abstract

Berdasarkan laporan Exacutitude Consultancy, pasar pelatihan online secara global diperkirakan akan tumbuh dari USD 32.29 Miliar pada tahun 2023 menjadi USD 166.45 pada tahun 2030. Faktor utama yang mendorong pasar pelatihan berbasis daring antara lain adanya permintaan untuk pembelajaran yang mudah dan fleksibel, meningkatnya penetrasi internet disetiap negara, adanya dampak dari pandemi COVID-19 dan efektifitas biaya platform pelatihan berbasis daring. Melihat peluang tersebut, peneliti memiliki keinginan untuk masuk pada industri pelatihan dan pembinaan untuk mencari keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana dalam penelitian ini menggunakan data penelitian dari hasil wawancara dan studi literatur serta data dan menggunakan 5 pengukuran analisis porter. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa analisis porter's Five Forces pada parameter Persaingan Antar Perusahaan, Potensi Kehadiran Kompetitor Baru, Potensi Pengembangan Produk Pengganti, Daya Tawar Pemasok dan Daya Tawar Konsumen dengan bobot rata-rata 2,31. Dari hasil analisis Porter's Five Forces di atas diperoleh hasil kuantitatif pada kisaran 1,67- 2,33, hal ini menunjukkan bahwa keunggulan bersaing Industri pelatihan dan pembinaan berada dalam tekanan yang sedang. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah terbatas pada analisis keunggulan bersaing saja. Sedangkan pada penelitian selanjutnya disarankan dapat menambah atau melengkapi data pendukung lainnya seperti analisis SWOT, QSPM dan memperluas cakupan penelitian.

References

Arifwandi, S., Sitorus, J., Sutrisno, S., Syah, T. Y. R., Sunaryadi, K., & Hamdi, E. (2022). 5 Porter Force Analysis in Cattle and Sheep Integrator Business (Case Study at PT Sapi Domba Indonesia). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(4), 31451–31463.

Boston Consulting Group, & Telkom Indonesia. (2022). Powering up a post-pandemic rebound for MSMEs through digital transformation.

Damayanti, D., Syah, T. Y. R., & Sunaryanto, K. (2019). DEVELOPMENT OF LEAN CONSUMPTION CONCEPT IN IMPROVING PROCUREMENT PROCESS OF NEW ITEM AND PROJECT PROCUREMENT. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 92(8), 152–166. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-08.17

David, F. R. (2011). Strategic management concepts and cases. Pearson.

Exactitude Consultancy. (2023). Digital Self-Paced Online Education Market Overview. https://exactitudeconsultancy.com/reports/34902/digital-self-paced-online-education-market/

Grant, R. M. (2010). CONTEMPORARY STRATEGY ANALYSIS. John Wiley & Sons Ltd.

Hasan, H. (2011). Analisis Industri Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(1), 1–8.

Helms, M. M., & Nixon, J. (2010). Exploring SWOT analysis – where are we now? Journal of Strategy and Management, 3(3), 215–251. https://doi.org/10.1108/17554251011064837

Mubarak, M. F., Shaikh, F. A., Mubarik, M., Samo, K. A., & Mastoi, S. (2019). The Impact of Digital Transformation on Business Performance: A Study of Pakistani SMEs. Engineering, Technology & Applied Science Research, 9(6), 5056–5061. https://doi.org/10.48084/etasr.3201

Nurina, N., Ruwaida, R., & Trikariastoto, S. T. (2020). PERBANDINGAN DAYA SERAP PESERTA PADA PELATIHAN DIGITAL MARKETING SECARA ONLINE DAN OFFLINE BAGI UMKM DI ERA NEW NORMAL. IKRAITH-EKONOMIKA, 3(3), 174–179.

Susanto, D., Fadhilah, M., & Udayana, I. B. N. (2021). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Study Kasus Pada Konsumen Shopee Di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 18(2), 89–97.

Tehuayo, E. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 69–88

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Naibaho, S. B. ., Hamdi, E. ., Indradewa, R. ., & Munandar, A. . (2024). ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING BERDASARKAN METODE FIVE FORCE PORTER PADA LEMBAGA PELATIHAN DAN PEMBINAAN UMKM BERBASIS DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12664–12670. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34185