MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR

Authors

  • Dinda Dessy Bela Istika Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rusnilawati Rusnilawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34183

Keywords:

Model Problem Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Mata pelajaran matematika di sekolah dasar menjadi komponen penting dalam pendidikan karena mengajarkan kepada siswa untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis. Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar kecamatan Laweyan, kota Surakarta yakni siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi bangun datar. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan wordwall pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2023/2024 materi keliling dan luas bangun datar. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Siswa di kelas IV Sekolah Dasar Bratan, yang terdiri dari 25 siswa, adalah subjek penelitian. Teknik pengumpulan data melalui tes, dan analisis datanya menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan pada pra-siklus adalah 20%, presentase ketuntasan pada siklus I adalah 52%, dan presentase ketuntasan pada siklus II adalah 96%, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Istika, D. D. B. ., & Rusnilawati, R. (2024). MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12658–12663. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34183