MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN UNTUK KELAS 2 SD NEGERI 064974 MEDAN TEMBUNG

Authors

  • Yohana Sihotang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Arifin Universitas Negeri Medan
  • Nurasiah Nurasiah Universitas Quality

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34024

Keywords:

Kantong Bilangan, Matematika, Nilai Tempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat pada mata pelajaran matematika menggunakan media kantong bilangan. Media Kantong Bilangan merupakan media pembelajaran  menggunakan kantong angka yang menunjukkan  nilai tempat matematika dan sedotan untuk mengisi kantong sebagai indicator jumlah bilangan.  Penelitian ini  menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin jenis partisipan yang dilakukan sebanyak 2 siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan setiap siklus untuk mengidentifikasi permasalahan pembelajaran, melaksanakan tindakan yang direncanakan, dan mengevaluasi efektivitas tindakan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media Kantong Bilangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi nilai tempat pada siswa kelas 2 SD Negeri 064974 Medan Tembung yang berjumlah 23 siswa. Pada penelitian Prasiklus siswa yang mendapat nilai ketuntasan belajar minimal sebanyak 30,43% setelah dilakukan tindakan dengan media Kantong Bilangan, ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 56,52% dilanjutkan siklus II mencapai ketuntasan 91,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media  kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

References

A, Fauzan & Lubis, Maulana . (2020).Perencanaan Pembelajaran di SD/MI. Jakarta: Kencana

Amini, A., & Efrina, E. (2019). Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Konsep Nilai Tempat pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 49-54.

Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., ... & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747-752.

Heruman, Rhamdani dan Boyke. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset

Islamiyah, E. S dan Qodariah, L. (2022). Alat Peraga Kantong Bilangan dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Nilai Tempat Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 294-304.

Isrok’atun. (2021). Memahami Konsep Dasar Matematika untuk PGSD. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara

Marsigit, dkk. (2022). Kajian dan Aplikasi Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Matematika

Mulyasari, W., & Fahrozy, F. P. N. (2023). Pemahaman Konsep Pada Nilai Tempat Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 442-452.

Muslich, Masnur. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Ed. 1, Cet. 6. Jakarta: Bumi Aksara

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pratama, A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kantong Bilangan. BASIC EDUCATION, 8(22), 2-183.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Roebyanto, Goenawan dan Harmini, Sri. (2017). Pemecahan Masalah untuk PGSD. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Samosir, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Bermain Kantong. Jurnal Global Edukasi, 4(4), 213-218.

Subekhi, A. I., Handayani, S. D., & Aula, H. (2022). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga kantong bilangan Kelas iii sd negeri pangkalan1 kecamatan sobang.Elementer, 1(1).Suryabrata, S. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Taniredja, dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Cet. 5. Bandung: Alfabeta

Van de Wall, John A, dkk. (2008). Pengembangan Pengajaran Matematika untuk Sekolah Dasar dan Menengah. Ed.6. Jakarta: Erlangga

Wahab,Abdul, dkk. (2021) . Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wahyu P, Yoppy. (2015). Pembelajaran Matematika untuk PGSD. Jakarta: Erlangga

Wardhani, Igak dan Wihardit, Kuswaya. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Cet.33. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Winarni, Setyo dan Harmini, Sri. (2016). Matematika untuk PGSD Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Yuni, A & Damri, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantong Bilangan bagi Siswa Berkesulitan Belajar di SDN 19 Air Tawar Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 129-134.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Sihotang, Y. ., Arifin, M. ., & Nurasiah, N. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN UNTUK KELAS 2 SD NEGERI 064974 MEDAN TEMBUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12423–12427. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34024