KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DITINJAU BERDASARKAN GENDER

Authors

  • Resty Febriyanti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Singkawang
  • Rosmaiyadi Rosmaiyadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Singkawang
  • Citra Utami Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33597

Keywords:

Kemampuan Numerisasi, AKM, Gender

Abstract

Penelitin ini bertujuan 1) mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa laki-laki dalam menyelesaiakan soal berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau berdasarkan gender; 2) mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa perempuan dalam menyelesaiakan soal berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau berdasarkan gender; 3) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berdasarkan gender. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang. Instrumen penelitian tes kemampuan numerasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan numerasi siswa laki-laki dan juga perempuan, dimana siswa perempuan lebih mampu memenuhi hampir setiap level kognitif pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM); 2. Faktor yang mempenaruhi siswa dalam menyelesaiakan soal tes kemampuan numerasi bebasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa laki-laki dan perempuan yaitu faktor internal yang mencakup; 1) faktor keterampilan dan pengetahuan dasar; 2) faktor kognitif; 3) Dan faktor eksternal yaitu fasilitas belajar.

References

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. 2021. Analisis rancangan assesmen kompetensi minimum (akm) numerasi program merdeka belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-90.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Asrijanty. 2020. AKM dan Implementasi pada Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. 2020. Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Batari, tenri. 2017. Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemapuan Koneksi Matematis Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186-199

Chairul, A. 2017. Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. In Yogyakarta: IRCiSoD. Yogyakarta: IRCiSoD.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE ( Elementary School Education Journal).

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. 2021. Analisis pemahaman guru sekolah menengah pertama (SMP) mengenai asesmen kompetensi minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558.

Hamid, A. 2009. Teori belajar dan pembelajaran. Medan: Unimed Pres.

Harfiyani, A. P., & D I. 2018. Melalui Budaya Literasi Dalam Konteks. Prosding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 2528–5564, 141–150.

Ibrahim, G. A. 2017. dkk, Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.

Irsyad, Fauzan. Skripsi. 2016. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesiakan Soal Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar kelas VIII SMPN 19 Singkawang. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. 2020. Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.

Kaka,A., Ate,D., & making, S. R. M .2021. Kaka Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N 1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matermatika Sumba, 3(2), 88-96.

Khofifahsari, Rizqi. 2019. “Ananlisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Pada Materi Aljabar”. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ikmu Pendidikan (STKIP). Singkawang.

Kemendikbudristek BSKAP. 2022. Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, kemendikbudritek Nomor 008/H/KR/2022. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issues 021).

Kristanto, V. H. 2018. Metodologi Penenlitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika Bandung: PT Refika Aditama

Mahdiansyah & Rahamawati. 2014. “Literasi matematikan Siswa Pendidikan Menengah: Ananlisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia”. Jurnal pendidikan kebudayaan, 20(4), 452-469

Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. 2019. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.

Setianingsih, R. 2022. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaiakan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837-849.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. 2021. Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Febriyanti, R., Rosmaiyadi, R., & Utami, C. (2024). KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DITINJAU BERDASARKAN GENDER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14662–144667. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33597