PENGARUH KOMPETENSI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI DISIPLIN KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

Authors

  • Srianik Srianik Universitas Bhineka PGRI
  • Kadeni Kadeni Universitas Bhinneka PGRI
  • Nafik Umurul Hadi Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.33309

Keywords:

Kinerja Guru, Kompetensi, Kecerdasan Emosional, Disiplin Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru melalui Disiplin Kerja Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK se Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden atau semua guru TK se Kecamatan Kauman. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) menggunakan Software Smart PLS 3.0 Tahap pertama dilakukan dengan pengujian model pengukuran (meansurement model) atau model luar (outer model) dan tahap kedua dilakukan dengan pengujian model struktural (structiral model) atau model dalam (inner model). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja guru. Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi tidak dapat meningkatkan disiplin kerja guru. (2) Kecerdasan emosional guru berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa jika kecerdasan emosional guru ditingkatkan maka disiplin kerja guru juga akan semakin meningkat. (3)Kompetensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hasil ini menunjukkan bahwa  kompetensi tidak dapat meningkatkan kinerja guru.(4) Kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan  terhadap kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa jika kecerdasan emosional guru ditingkatkan, maka  kinerja guru juga akan   semakin meningkat. (5)Disiplin kerja berpengaruh secara signifikan  terhadap kinerja guru. Hal ini berarti jika disiplin kerja guru ditingkatkan, maka kinerja guru akan semakin meningkat. (6)Kompetensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja. Hasil ini menunjukkan bahwa didiplin kerja tidak memediasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru. Apabila disiplin kerja tidak terbukti memediasi kompetensi terhadap kinerja guru. (7) Kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja. Hasil ini menunjukkan bahwa disiplin kerja guru dapat memediasi pengaruh kecerdasan emosional guru  terhadap kinerja guru.

References

Anggraini, Wadi Reina. 2021. Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 13 Balik Papan, Jurnal Manajerial Bisnis Vol. 4 No.3 April-Jili 2021. ISSN 2597-503

Anthony Dio Martin, Emotional Quality Management, (Jakarta: HR Excellency, 2003), h. 26

Azwar, Saifuddin, Reliabilitas dan Validitas. (Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2000), 3

Brian Marwensdy, psikologi Umum Sebuah Padangan Apresiasif, Jakarta: Salemba, 2010, h. 64

Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of engineering And Science, 4, 1-12.

Hamza B Uno, Teori Kinerja dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2012, h.67

Hamza B Uno, “ Teori Kinerja dan Pengukurannya”..., h. 68

Imam Ghazali, Structural Equation Modeling, Motode Alternatif dengan Partial Least Square, Edisi 2, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006), hlm. 76

Imam Ghazali, Struktural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. 80

Indarti, Dwi agus. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja, dan kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Sugio di masa Pandemi Covid 19.

Liestiati, Tuty sri. (2020). Analisis pengaruh kompetensi profesional, kredibilitas dan kecerdasan emosional terhadap kinerja Pilot. Journal of reflection : Economic, accounting management and business, Vol. 3 (3) : 311 – 320.

Mangkunegara, Anwar Prabu.(2010). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Revika Aditama.

Mangkunegara, A. (2014),. Evaluasi Kinerja SDM. PT refika Aditama. Prasantyo, G. R. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. 5 (2), 1-8.

Miftahul Munir, Pengaruh Implementasi SMM ISO 9001 : 2008, Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Bersertifikat ISO di Kabupaten Malang, (Malang, Pascasarjana Maliki), Tesis

Mukti Ali, Effect of Emational Intelligence, Comimitment, and Motivation Towards Teachers Performance, International Journal of Enterpreneurship and Business Development, Vol.3, No.4, 2018, ISSN: 2597-4785

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Slamet, Achmad, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), h. 215-216

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D ( Bandung: alfabeta, 2014), 92

Sopandi, Andi. (2019). Pengaruh Kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru. Scientific journal of reflection : Economic, accounting management and businees. Vo;.2 (2) : 121 – 130

Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja ( Studi. Pada Karyawan PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1). Administrasibisnis. Studentjournal.ub.ac.id

Tolie, Elfani Paticia, dkk . 2023. Pengaruh Kompetensi, Kecerdasan emosional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SDN Bariri, SDN Baleura dan SDN Rompo Kec. Lore Tengah Kab. Poso, Jurnal kolaborasi sains, Volume 6 issue 8 Agustus 2023.

Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Uno, HB. Dan Lamatenggo, N, Teori Kinerja dan Pengukurannnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2012, h.68

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Srianik, S., Kadeni, K., & Hadi, N. U. (2025). PENGARUH KOMPETENSI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI DISIPLIN KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4326–4339. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.33309

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.